Universitas Teuku Umar raih Juara Umum The 6th UTU Awards 2020

MEULABOH, UTU – Untuk pertama kalinya sejak dilangsungkan Event Universitas Teuku Umar Awards (UTU Awards) tahun 2014 lalu, Universitas Teuku Umar mampu meraih juara umum dan mengamankan piala bergilir Kemendikbud di ajang kompetisi 6th UTU Awards Tahun 2020 yang proses penyelenggaraannya dimulai sejak 31 Oktober 2020.

Pengumuman pemenang untuk seluruh kategori perlombaan pada The 6th UTU Awards 2020  disampaikan oleh perwakilan dewan juri UTU Awards 2020, Dr. Muhammad Rizal, M.Si disela-sela acara puncak Dies Natalis UTU ke -14, Selasa 10 November 2020.

UTU berhasil meraih satu juara 1, dua juara dua dan 1 juara 3 dari empat tim yang diutus. Yaitu juara 1 di  Bidang Desain Toko Online, juara 2 di Bidang desain toko online dan riset komersial serta juara 3 dibidang toko online. Dari data yang disampaikan dewan juri, UTU digdaya di bidang desain toko online yang mampun menyapu bersih juara 1, 2 dan 3 sehingga berkontribusi langsung terhadap akumulasi nilai secara keseluruhan hingga ditetapkan sebagai juara umum.

Ada empat bidang yang dilombakan pada the 6th UTU Award 2020, yaitu riset komersil, perencanaan bisnis, produk inovatif berbasis pertanian & kelautan, dan desain toko online.

Untuk kategori riset komersil dengan dewan juri terdiri dari Dr.rer.nat Chaidir, Apt (dari Pusat Teknologi Farmasi dan Medika BPPT), Dr. Anuraga Jayanegara, M.Sc (dari Institut Pertanian Bogor) dann Prof. Dr. Shamsul Bahri Abdul Razak (dari Universiti Malaysia Terengganu). Para pemenangnya adalah juara 1 diraih Millenio Eko Haryono dari Universitas Brawijaya, juara 2 diraih Putri Mardiatur Rahma dari Universitas Teuku Umar, dan juara 3 diraih oleh Ilham Prayogo dari Universitas Sumatera Utara. Sementara juara harapan 1 dan 2 masing-masing diraih Randy Cassandra dari Universitas Brawijaya dan Isra Syura dari Universitas Sumatera Utara.

Sementara untuk produk inovatif berbasis pertanian & kelautan, para pemenangnya adalah juara 1 diraih Iffah Nabillah dari IPB University, juara 2 diraih oleh Dhea Alviolita Warman dari Universitas Sumatera Utara dan Juara 3 diraih oleh Joanna Elysia dari Universitas Brawijaya. Untuk juara harapan 1 diraih oleh Nindya Puspita Sari dari IIK Bhakti Wiyata Kediri. Untuk kategori ini para dewan jurinya adalah Dr. Syahril Chaniago, M.Si (dari Perwakilan Kemdikbud), Dr. Hatma Suryatmojo, S.Hut., M.Si (dari Universitas Gadjah Mada) dan Dr. Ir. Hendri Bustamam, MS (Universitas Bengkulu).

Untuk kategori perencanaan bisnis dimana dewan jurinya terdiri dari Ananda Sabil Hussein, SE., MCom, Ph.D (dari Univ. Brawijaya), Dr. A. Sakir, SE. MM (dari Univ. Syiah Kuala), dan  Dr. Muhammad Rizal, S.Pi. M.Pi (dari Universitas Teuku Umar). Dimana para pemenangnya adalah juara 1 diraih
Winelda Mahfud Zaidan dari USU, juara 2 diraih Fahri Sinulingga dari IPB University, juara 3 diraih Winda Mega Permata dari Universitas Diponegoro. Sementara untuk juara harapan 1 dan 2 masing-masing diraih Muhammad Rizaldi dan Khairul Ikhsan dari Universitas Airlangga dan Universitas Syiah Kuala.

Terakhir untuk kategori Desain Toko Online para dewan jurinya adalah Ir. Kridanto Surendro, M.Sc, Ph.D (dari Institute Teknologi Bandung), Dr. Indra Budi, S.Kom, M.Kom (dari Univ. Indonesia) dan Prof. Dr. Taufik Abidin, S.Si, M.Tech (dari Univ. Syiah Kuala). Sementara untuk para pemenangnya didominasi dari Universitas Teuku Umar untuk juara 1, 2 dan 3 masing-masing adalah Fedia Rizkita, Rahmat Dilta Harahap dan Muhammad Fadil. Sementara untuk juara harapan 1 dan 2 masing-masing diraih oleh Andika Saputra dari Universitas Malikussaleh dan Muhammad Faririjal dari Universitas Brawijaya.

Sementara Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE., MBA mengapresiasi atas keberhasilan penyelenggaraan The 6th UTU Awards 2020, meskipun ditengah kondisi pandemi Covid-19 masih melanda. Terkhusus rasa bangganya kepada para mahasiswa UTU yang mampu bersaing diajang nasional ini berhadapan dengan mahasiswa dari kampus ternama di Indonesia, Malaysia dan Brunei Malaysia.

Prof. Jasman mengatakan UTU Awards adalah Event berskala nasional yang diselenggarakan secara tahunan dan konsisten oleh Universitas Teuku Umar sejak tahun 2015, “Sebuah prestasi tersendiri bagi kita, dikarenakan tahun ini merupakan tahun ke-enam (6) penyelenggaran kompetisi ini. UTU Awards diharapkan dapat menjadi starting point dalam menggali ide kreatif dan inovatif mahasiswa, terutama pada bidang AGRO & MARINE INDUSTRY.” Jelas Prof Jasman

Lanjutnya, setiap tahunnya rata-rata jumlah proposal yang diterima mencapai 500 proposal lebih dari seluruh mahasiswa di berbagai kampus yang ada di Indonesia, Bahkan pada tahun 2019 dan tahun ini, UTU Awards juga telah diikuti oleh peserta dari luar negeri diantarnya dari kampus Malaysia dan Brunei Darussalam.

Adapun untuk penjurian UTU awards itu sendiri sangatlah ketat, dimulai dari seleksi administrasi, Online desk evaluation dan Oral presentation (khusus tahun ini dilakukan via ZOOM).

“Dewan juri merupakan berasal dari berbagai institusi dan universitas, baik dalam dan luar negeri yang sudah sangat berkompeten dan berpengalaman. Setiap dewan juri diberikan Akun penilaian masing-masing,  sehingga penilaian atas proposal benar-benar murni tanpa campur tangan siapapun. Ditambah lagi utu awards juga menggunakan system abstain, dimana juri secara otomatis akan ditugaskan oleh sistem untuk menilai proposal yang bukan dari asal kampusnya, sehingga penilaian yang dilakukan benar-benar objektif. Tahun ini dewan juri berasala dari Univ.Indonesia, Univ. Gadjah mada, ITB, UNSYIAH, Univ Bengkulu, BPPT, Univ.Malaysia Terengganu dan KEMDIKBUD.” Jelas Rektor

Adapun total hadiah yang diperebutkan dalam kompetisi The 6th UTU Awards 2020 sebanyak 229,5 Juta Rupiah + program pertukuran pelajar ke luar negeri. (Aduwina / Humas UTU).