UI – Universiti Teknologi Malaysia Pererat Kerja Sama

Universitas Indonesia (UI) dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) memperbaharui jalinan kerja sama yang telah terbangun sejak tahun 2009. Kesepakatan tersebut ditandai dengan ditandatanganinya naskah Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D dan Vice Chancellor UTM Prof. Datuk Ir. Dr. Wahid bin Omar. Seremoni serah terima naskah MoU secara virtual dilakukan pada Rabu (23/12), yang dihadiri oleh Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris (Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan), dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D (Sekretaris Universitas Indonesia), Prof. Datuk Ir. Dr. Wahid bin Omar (Vice Chancellor UTM), Prof. Dr. Hadi Nur (Director of Ibnu Sina Institute for Scientific and Industrial Research, UTM) serta jajaran pimpinan lainnya di kedua belah universitas.

Naskah MoU yang bernomor 37/MOU/R/UI/2020 ini berisikan kesepakatan untuk melakukan kerja sama dalam bidang penelitian, pertukaran pelajar, dan diskusi akademik, seminar ilmiah, serta pengembangan kurikulum bagi kedua belah pihak. MoU ini berlaku lima tahun sejak ditandatanganinya perjanjian.

Baca Juga :  FTUI Buka Program Studi Magister Teknik Lingkungan

Ditemui di kesempatan terpisah, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro mengapresiasi kolaborasi dan sinergi yang telah terbangun dengan erat sejak sebelas tahun yang lalu. “Diharapkan, kerja sama ini turut memberikan manfaat baik bagi kedua belah pihak di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat maupun pengembangan masing-masing institusi. Kami juga berharap agar kolaborasi yang tercipta dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan solusi atas permasalahan yang dihadapi dunia di dalam menangani pandemi COVID-19 yang tengah melanda,” ujar Prof. Ari.

Dalam penandatanganan ini, Dr. Wahid mengatakan bahwa kerja sama dengan UI telah lama dilakukan bahkan pada saat UTM masih bernama Institut Teknologi Kebangsaan pada tahun 1970an. “Pada saat itu kerja sama yang dilakukan adalah dalam perihal pertukaran dan pembimbingan dosen antara UI dengan Institut Teknologi Kebangsaan. Sejarah kerja sama UI-UTM telah berlangsung lama,” ujarnya.

Baca Juga :  Unsyiah Jalin Kerja Sama dengan Kejati Aceh

Pada kesempatan yang sama, Prof. Haris mengungkapkan bahwa kerja sama ini juga sejalan dengan skala prioritas UI saat ini, yaitu meningkatkan kemitraan akademik dan penelitian internasional sebagai upaya UI untuk memperluas perannya sebagai salah satu universitas terbaik dan bergengsi di Indonesia. “Kami sangat yakin kolaborasi dalam bidang penelitian dan akademik dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di suatu universitas, jadi kami sangat mengapresiasi bentuk kerja sama ini,” ujarnya menambahkan.

Universiti Teknologi Malaysia (UTM) merupakan universitas teknik terbesar di Malaysia, menawarkan berbagai program untuk semua tingkat pendidikan. Universitas ini berlokasi di Johor Bahru, kota yang terletak di selatan wilayah Iskandar Malaysia. Program pascasarjana dan sarjana ditawarkan di bidang teknik, teknik bio-medis, ICT, bio-sains, lingkungan perkotaan, geo-informasi, pendidikan dan manajemen.

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Egia Etha Tarigan, S.Sos, MM (Media Relations UI, humas-ui@ui.ac.id ; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
877 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x