TOEFL GRATIS BAGI MAHASISWA ISI DENPASAR

Denpasar-Lab Bahasa, 4/6/2021

TOEFL bagi mahasiswa yang sebelumnya berbayar oleh Rektor Prof. Dr. I Wayan Adnyana, digratiskan. “Ini dilakukan untuk memberikan keringanan biaya studi bagi mahasiswa sehingga bisa mempergunakan dananya untuk keperluan lain” ungkap Rektor ISI Denpasar yang mantan Kadis Disbud Bali. Program TOEFL ini dilaksanakan oleh Pusat Lab Bahasa LP2MPP ISI Denpasar.

Sejak dibentuk pada tahun 2015, Pusat Laboratorium Bahasa (Lab Bahasa) ISI Denpasar, yang saat ini berada di bawah Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Pengembangan Pendidikan (LP2MPP) telah memberikan layanan Test of English as A Foreign Language (TOEFL) kepada seluruh mahasiswa ISI Denpasar yang akan mengikuti ujian Tugas Akhir, Test ini tidak dikenakan biaya dan mahasiswa wajib mengikuti 1 kali pelatihan lengkap dengan trial sebelum mengikuti ujian TOEFL yang bertempat di Lab. Bahasa dan Lab. Komputer ISI Denpasar, di lantai 3, gedung yang berlokasi di sebelah barat Pura Padma Nareswara ISI Denpasar.

Baca Juga :  Donasi Santunan Anak Yatim/Dhuafa IPB University Kini Lewat Aplikasi Digital, Bisa Dilacak dan Tepat Sasaran

Koordinator Pusat Lab Bahasa ISI Denpasar, Dr. Dewi Yulianti mengatakan bahwa sesuai arahan dan petunjuk Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Adnyana, S.Sn., M.Sn. soal TOEFL di tahun 2021 ini sudah didigitalisasi. Digitalisasi TOEFL ini merupakan sinergi Pusat Lab Bahasa dengan UPT. TIK ISI Denpasar.

Kegiatan pelatihan dan ujian TOEFL yang dilaksanakan secara langsung tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Pelaksanaan pelatihan dan ujian TOEFL bagi seluruh mahasiswa ISI Denpasar pada tahun 2021 ini mulai dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2021 yang dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pagi pukul 09.00 – 11.00 dan sesi siang pukul 13.00 – 15.00.

Foto 1 : Suasana Ujian di Lab Komputer

Ketua LP2MPP ISI Denpasar, Dr. Ni Made Arshiniwati menegaskan bahwa pendaftaran untuk kegiatan TOEFL sudah dilaksanakan mulai bulan Januari dengan total mahasiswa ISI Denpasar yang mendaftar, hingga berita ini diturunkan, baik dari D-4/S-1, S-2, maupun S-3 baru sebanyak 358 peserta. Pada awal bulan Mei staf Pusat Lab Bahasa mengatur jadwal pelatihan dan ujian untuk masing-masing prodi dan langsung diinfokan ke masing-masing korti dari prodi tersebut.

Baca Juga :  MAHASISWA UI RAIH PENDANAAN KEMENDIKBUD RISTEK RI BERKAT BUKU POP-UP ANAK TENTANG MITIGASI BENCANA ALAM

Hingga berita ini ditulis, sudah ada 7 prodi, yaitu prodi Tari, TV & Film, Desain Mode, Pedalangan, Musik, Seni Murni, Karawitan yang telah mengikuti pelatihan dan ujian TOEFL. Pelatihan dan ujian akan terus berlangsung hingga akhir tahun.

Foto 2 : Petugas Lab Bahasa sebelum mengawasi ujian di Lab Bahasa

Adapun nilai TOEFL untuk program D4/S-1 minimal 450, Program S-2 minimal 500 dan untuk program S3 minimal 550. Penentuan jadwal TOEFL disesuaikan dengan penerimaan pendaftaran dari mahasiswa yang pelaksanaannya melibatkan koordinator Pusat Lab Bahasa dan staf Lab Bahasa ISI Denpasar. Tidak hanya soal TOEFL yang telah didigitalisasi , sertifikat hasil TOEFL pun akan diberikan dalam bentuk E-Certificate. Digitalisasi lebih memudahkan civitas kampus dalam berbagai hal dan meningkatkan efisiensi dan juga menunjang mutu pelayanan Pusat Lab Bahasa ISI Denpasar keapada mahasiswa. (Dewi Yulianti, Korpus Lab Bahasa)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
511 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x