Sekolah Pascasarjana IPB University Kenalkan Budaya Indonesia pada Mahasiswa Kemitraan Negara Berkembang

Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University mengenalkan budaya Indonesia kepada mahasiswa dari program beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) (15-17/10). Kegiatan ini dilaksanakan di Bali di antaranya di Pura Taman Ayun, Museum Subak, Pura Tanah Lot, Tari Barong, Desa Adat Panglipuran, Las Harum Agroedutourism dan Pantai Melasti Ungasan. Ada 12 mahasiswa dan perwakilan dari tenaga kependidikan SPs IPB University yang mengikuti kegiatan ini.

Beasiswa KNB merupakan program beasiswa oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan reputasi internasional pendidikan tinggi Indonesia.   Beasiswa KNB ditawarkan kepada warga negara asing dari negara-negara berkembang yang memiliki potensi akademis dan memiliki minat kuliah di perguruan tinggi di Indonesia. IPB University merupakan salah satu dari sekian perguruan tinggi (PT) bereputasi di Indonesia yang memperoleh amanat untuk menjalankan program ini.

Baca Juga :  Tiga Prodi Fakultas Pertanian UGM Raih Akreditasi Internasional

Rudi Irawan, SP, MSi selaku Kepala Tata Usaha SPs IPB University menyampaikan program KNB ini dapat menjadi katalisator perubahan positif untuk mempersiapkan PT berkompetisi dan terlibat di dunia pendidikan internasional.  “Beasiswa KNB ini tentunya akan memberikan kontribusi pada pengembangan sumberdaya manusia (SDM) di negara berkembang asal mahasiswa asing ini berasal,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa mahasiswa KNB pada tahun pertama wajib mengikuti program Bahasa Indonesia sebagai bekal untuk mengikuti pendidikan program magister dan doktor yang ada di program studi SPs IPB University.  “Selain program akademik, mahasiswa KNB juga diberikan program pengenalan budaya Indonesia pada tahun kedua. Tujuannya agar mereka memahami budaya-budaya yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga :  Satgas Covid-19 Unsyiah: Perlu Kehati-hatian Membuka Sekolah di Tengah Pandemi

Sementara itu Fatmasari Siregar, SP, MM, Kepala Sub Bagian Humas, Kerjasama dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) menyampaikan bahwa pengenalan Budaya Indonesia ini sangat penting karena dapat menjadi media promosi budaya Indonesia di ranah internasional.

Ia menjelaskan bahwa warga negara asing dari program KNB tentunya akan berkontribusi pada dinamika positif dan interaksi lintas budaya antara komunitas akademisi Indonesia dengan mahasiswa internasional.  “Dengan adanya program KNB ini salah satunya dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pemeringkatan perguruan tinggi di World University Rangking,” ujarnya. (HBL/Zul)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
192 Views