Raih Dua Juara Internasional dengan Minuman Rempah Kaya Manfaat

Malang. Masa pandemi bukanlah sebuah halangan untuk menjadi produktif dan berprestasi. Keenam mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) kembali menuai prestasi di ajang internasional, yaitu pada MYSCE (Malaysia Young Scientist and Exhibition) dan OCIIP (Organization for Creativity, Innovation, and Invention Promotion) IP Word Fair 2021 Nigeria. Keenam mahasiswa yang tergabung dalam tim Treefused berhasil meraih silver medal pada MYSCE 2021 kategori Food Technology (23/04/2021) dan gold medal pada OCIIP IP Word Fair 2021 kategori Food and Health (27/04/2021).

Keenam mahasiswa tersebut adalah Muhammad Iqbal Najib Fahmi (FMIPA 2019), Mutamimaturrosyidah (FMIPA), Siti Nurhalizah (FMIPA 2019), Esther Margaretha Yolanda (FMIPA 2019), Daffa’ Rizal Dzulfaqaar Alauddin (FMIPA 2019), dan Luluk Novi Hidayanti ( FMIPA 2020).

Baca Juga :  Hadapi Ancaman Ayam Impor Brazil, Ini Tanggapan Pakar Halal IPB University

“Nutrofin merupakan produk inovasi minuman infused water berbahan dasar lengkuas merah (Alpinia purpurata), Mengkudu (Morinda citrufolia),  jeruk nipis (Citrus aurantiifolia), dan bunga telang (Clitoria ternatea)” ucap Luluk (08/05/2021).

Mutamimaturrosyidah berkata “Nutrofin mengandung senyawa aktif skopoletin yang berfungsi sebagai anti virus, penurun tekanan darah, dan vasodilatasi pembuluh darah. Sedangkan pada lengkuas merahmengandung senyawa alkaloid piperin yang juga mempunyai banyak khasiat. Kombinasi senyawa aktif yang terkandung dalam bahan dasar “Nutrofin” diharapkan dapat memperlancar peredaran darah dan menurunkan kolesterol.”

Ditanya mengenai proses pembuatannya, Siti menjawab “Nutrofin dibuat menggunakan metode infused water dengan perbandingan tertentu dari air dan lengkuas. Lengkuas yang sudah di potong-potong lalu dimasukkan bersama dengan bunga telang ke dalam air yang setengah mendidih dan dibiarkan selama 12 jam untuk mengendapkan serat-serat lengkuas”. Produk Nutofin telah dipasarkan pada masyarakat umum sejak beberapa bulan terakhir baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga :  Workshop Penulisan Jurnal Terindeks Scopus Gelombang 3

Diraihnya dua juara internasional merupakan suatu kehormatan bagi tim Trefuseed. “Tentu saja kami sangat senang dengan pencapaian ini. Selain itu kami juga memperoleh banyak pengalaman. Harapan kami ke depannya, semoga Nutrofin menjadi produk yang disukai dan bermanfaat manfaat bagi masyarakat” pungkas Luluk.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
641 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x