Perpustakaan Universitas Indonesia Didukung E-Resources Berkualitas Raih Akreditasi “A”

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Indonesia meraih Akreditasi “A” dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan-Nasional (LAP-N), Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Keputusan ini tertuang pada Sertifikat Akreditasi Nomor: 0185/LAP.PT/XI.2020 dan berlaku sejak 10 November 2020 hingga 10 November 2025.

Penyerahan Sertifikat Akreditasi dilakukan secara daring kepada Kepala UPT Perpustakaan Universitas Indonesia, Utami Budi Rahayu Hariyadi, S.S., M.Lib., M.Si.

“Ini adalah akreditasi pertama UPT Perpustakaan UI. Puji syukur, langsung mendapat nilai A. Hasil akreditasi yang dicapai ini merupakan bukti bahwa pengelolaan UPT Perpustakaan UI telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Nilai Akreditasi ini adalah hasil kerja keras seluruh Staf UPT Perpustakaan UI yang telah mendedikasikan dan melakukan tugasnya selama ini, dan juga berkat dukungan dari Pimpinan UI dan seluruh Sivitas Akademika UI yang telah memanfaatkan semua layanan perpustakaan sebagai pendukung proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” kata Utami.

Proses Akreditasi UPT Perpustakaan Universitas Indonesia dilakukan pada 5 November 2020 secara daring dan dihadiri oleh Tim Asesor dan pendamping dari LAP-N Perpustakaan Nasional  RI yang terdiri dari Drs. Deni Kurniadi, M.Hum (Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI); Dra. Hj. Sri Sularsih, M.Si. (Asesor LAP-N); Dra. Zurniaty Nasrul, MLS (Sekretaris & Asesor LAP-N); Alfi Noor Afridyan, S.IIP (Pustakawan Ahli Pertama, Perpustakaan Nasional RI); dan Susilo Prabowo, A.Md (Pustakawan Terampil, Perpusnas  Perpustakaan Nasional RI).

Menurut Zurniaty Nasrul, “Perpustakaan UI dapat mengikuti tahap-tahap penilaian dengan baik sesuai dengan arahan dari tim Akreditasi Perpustakaan,  Perpustakaan Nasional RI.  Hasil Akreditasi selengkapnya dapat dilihat dari rekomendasi yang diberikan oleh Tim Asesor pada saat penilaian.”

Baca Juga :  Medali Emas Tingkat Internasional Dipersembahkan Melalui Inovasi “ELIT” Mahasiswa Undiksha

UPT Perpustakaan Universitas Indonesia memenuhi lima komponen yang dinilai oleh LAP-N Perpustakaan Nasional RI dengan nilai sangat baik, yaitu Komponen Koleksi Perpustakaan; Komponen Sarana dan Prasarana Perpustakaan; Komponen Layanan Perpustakaan; Komponen Tenaga Perpustakaan; Penyelenggaranaan Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan; serta Komponen penguat yang terdiri dari karya inovasi dan kreativitas, keunikan, dan prestasi.

Perpustakaan UI menyediakan 739.171 judul / 865.910 eksemplar buku teks, koleksi khusus, karya ilmiah (skripsi/tesis/disertasi/laporan penelitian), jurnal ilmiah elektronik, koleksi audio visual, koleksi e-books, buku referensi, koleksi majalah dan naskah yang dapat diakses pada laman http://lib.ui.ac.id. Gedung perpustakaan UI yang memiliki luas 33.000 m2 di atas tanah seluas 2,5 hektar ini memiliki berbagai fasilitas modern, dan layanan baik secara fisik dan online yang dapat dimanfaatkan oleh Sivitas Akademika UI dan masyarakat umum. Layanan tersebut diantaranya adalah layanan peminjaman koleksi secara mandiri, pelatihan literasi informasi, layanan pencegahan plagiarisme, layanan penelusuran literatur, layanan Knowledge ATM, dan e-Resources Delivery Services untuk para guru besar di lingkungan UI.

Di masa pandemi, permohonan terhadap layanan daring oleh Perpustakaan UI kian meningkat. Sejak 23 Maret 2020, Perpustakaan UI mengalihkan seluruh layanannya yang semula dilakukan secara luring menjadi daring, seperti layanan Penelusuran Literatur, Layanan Surat Keterangan Bebas Pinjam Pustaka, dan Layanan Uji Kemiripan.

Baca Juga :  Mahasiswa Baru Program Sarjana IPB University Kembali Raih Rekor Dunia melalui Green Campaign Mosaic

Selama tiga tahun terakhir, Perpustakaan UI mengikutsertakan pustakawannya dalam kompetisi Pustakawan Berinovasi Tingkat Universitas Indonesia dan meraih juara pertama secara berturut-turut. Pustakawan Perpustakaan UI juga meraih penghargaan Pustakawan Berprestasi yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti RI pada tahun 2018. Pustakawan Perpustakaan UI juga ikut serta dalam kepengurusan organisasi profesi pustakawan tingkat nasional seperti Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia (ISIPII), Forum Komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN), dan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI).

Untuk mendukung visi Perpustakaan UI yaitu menjadi rujukan Perpustakaan Perguruan Tinggi Nasional dan Regional bersumber dari karya intelektual warga UI dan e-resources berkualitas yang dimiliki serta didukung fasilitas modern yang tersedia, Perpustakaan UI turut ikut serta dalam organisasi profesi kepustakawanan internasional, dalam upaya memperbaharui inovasi dan layanan  perpustakaan, seperti The Pacific Rim Research Libraries Alliance (PRRLA) dan Libraries of ASEAN University Network (AUNILO).

“Terima kasih setulusnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada seluruh Staf UPT Perpustakaan UI dan rekan-rekan yang sudah purnabakti, serta kepada para pimpinan UPT Perpustakaan UI terdahulu. Dengan dukungan penuh rekan-rekan semua, mari kita tingkatkan pengabdian agar UPT Perpustakaan UI dapat memberikan pelayanan terbaik, bagi warga UI khususnya, dan bagi semua pemangku kepentingan perpustakaan,” kata Utami.

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Mariana Sumanti, S.Hum

(Media Relations UI, humas@ui.ac.id ; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1063 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x