Peringati Hari Hutan Sedunia, Lawalata IPB University Gandeng Pemuda Bogor Tanam Pohon

Bertepatan dengan Hari Hutan Sedunia, (21/3), perkumpulan mahasiswa pecinta alam Lawalata IPB University berkolaborasi dengan sejumlah komunitas di Bogor mengadakan kegiatan penanaman pohon. Kegiatan tersebut mengusung tema “Boga Karasep: Kolaborasi Menjaga Hutan, Selamatkan Generasi Masa Depan”. Kegiatan penanaman pohon dilakukan di Area Cico Resort, Cimahpar Bogor dan melibatkan enam komunitas dan 35 peserta.

Komunitas yang terlibat antara lain Lawalata IPB University, Forum Anak Kota Bogor, Forum Anak Bogor Utara, Forum Anak Cimahpar, PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) dan dihadiri juga oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor. Kegiatan ini diikuti oleh peserta terbatas dan telah menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Unsyiah dan University Malaysia Pahang Gelar Konferensi Internasional Teknologi Pertanian

Drs Irwan Riyanto, MSi dari DP3A Kota Bogor juga menjelaskan pentingnya hutan untuk peradaban. Ia mengingatkan kembali moto Kota Bogor yaitu “Dinu Kiwari Ngancik Nu Bihari Seuja Ayeuna Sampeurun Jaga” yang artinya “Apa yang telah dinikmati oleh masa sekarang adalah hasil pekerjaan orang terdahulu dan apa yang diperbuat oleh orang di masa sekarang adalah warisan untuk masa depan”.

“Hal ini agar kita semua lebih peduli untuk masa depan lebih baik dengan selaras dengan hutan dan lingkungan,” ujarnya sebelum penanaman pohon dilakukan.

“Generasi Z haruslah meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan dan lingkungan. Harapan dalam kegiatan kali ini ialah agar semua anak muda lebih aware terhadap lingkungan,” ujar Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Forum Anak Kota Bogor, Assyfa Uzzohro Khoerunnisa.

Baca Juga :  Pakar IPB University: Akibat Perubahan Iklim, Tak Lama Lagi Suhu Bumi akan Naik 2 Derajat Celcius

Penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh masing-masing perwakilan organisasi/komunitas. Dalam kesempatan ini, Lawalata IPB University juga memberikan wawasan terkait berbagai varietas pohon yang akan di tanam.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
375 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x