Menkominfo Johny G. Plate Kunjungi Sentra Vaksinasi RSUI Depok

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate mengunjungi Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) yang berlokasi di Kampus UI Depok pada Senin, 5 April 2021, dalam rangka meninjau Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Gedung Parkiran RSUI Depok, Jawa Barat.

Johnny meninjau proses vaksinasi drive thru mulai dari registrasi hingga tahap observasi KIPI yang dilaksanakan dari lantai dua sampai ke lantai empat. Dalam kunjungan tersebut, Menkominfo disambut oleh dr. Agustin Kusumayati, M.Sc, Ph.D (Sekretaris Universitas), Dr. Astuti Giantini, Sp.PK, MPH (Direktur Utama RSUI), dan Dian Siswarini (Presiden Direktur PT XL Axiata).

Johnny menyampaikan pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan dalam melaksanakan program vaksinasi. “Informasi menjadi penting, terutama untuk mengajak masyarakat yang belum mau divaksin agar mau divaksin, agar tercipta kekebalan publik (herd immunity). Disinilah peran kerja sama media dan para pemangku kepentingan, jangan lagi kita bergerak sendiri-sendiri,” ujarnya.

Baca Juga :  Dosen IPB University Jelaskan Penerapan Teknologi Masa Depan eDNA Biomonitoring untuk Deteksi Awal Biodiversitas Laut

Selain itu, ia mengatakan bahwa informasi terkait vaksinasi juga sudah disampaikan pemerintah melalui berbagai media, antara lain media cetak, elektronik, maupun digital. “Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit ini juga merupakan salah satu bentuk upaya yang baik agar program vaksinasi dapat berjalan dengan sukses. Ini perlu kita apresiasi dan patut untuk diadaptasi dari pemerintah pusat sampai daerah,” ujar Menkominfo tersebut menambahkan.

Agustin mengatakan bahwa Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit merupakan salah satu contoh model pentahelix dalam bidang kesehatan, dimana berbagai pemangku kepentingan saling bekerja sama dalam melaksanakan suatu program pelayanan publik.

Program ini terlaksana berkat adanya kerja sama antara RSUI dan para mitra, yakni XL Axiata, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah Kota Depok, serta Ikatan Alumni UI, dan mitra bisnis lainnya, yakni Benih Baik, Protelindo, Tower Bersama Group, Alita, dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Baca Juga :  Unib Tambah 4 Guru Besar Bidang Pendidikan dan Pertanian

Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit ini merupakan sentra vaksinasi drive thru pertama di Kota Depok. Dengan menggunakan sistem drive-thru, RSUI telah menyiapkan jalur antrean yang bisa menampung maksimal hingga 1.000 mobil. Dalam satu hari, vaksinasi bisa dilakukan kepada 500-1.000 orang. Sentra Vaksinasi ini dibantu oleh lebih dari 130 relawan (termasuk dokter, perawat, petugas keamanan, dan administrasi) dari RSUI.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
179 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x