Mempersiapkan Lulusan Unggul, Unesa Bekali Mahasiswanya Dengan Pembinaan Karir

Dalam perkembangan zaman yang semakin pesat ini, berbagai persiapan dalam dunia kerja harus ditingkatkan. Baik oleh individu maupun pembekalan dari lembaga pendidikan. Universitas Negeri Surabaya terus memberikan kontribusi terbaiknya dalam bidang karir mahasiswa. Melalui Unesa Career Center (UCC) segala macam bimbingan karir disediak oleh kampus. Mulai dari workshop, seminar, Career Fair hingga pelatihan soft skill. Bagian Pembinaan Karir UCC, Meita Santi Budiani mengatakan bahwa mahasiswa Unesa harus mempersiapkan secara detil dan persiapan jangka panjang harus dilakukan.

“Kita saat ini banyak mengamati mahasiswa ini baru tergugah untuk mempersiapkan CV, portofolio itu saat baru menyelesaikan studinya. Padahal, sejak lama itu harus sudah dipersiapkan. Bahkan, nggak jarang kita menemui mahasiswa yang masih belum tau mau jadi apa,” katanya.

Bingung memilih jalur karir yang diinginkan membuat mahasiswa sangat menghambat proses karir mereka. Apalagi dalam prosedur interview dengan sebuah perusahaan. Meita mengungkapkan bahwa masih banyak mahasiswa yang mencari pekerjaan untuk mendapat pengalaman.

“Bukan, bukan itu yang harusnya diucapkan sebagai alasan. Sudah bukan waktunya mencari pengalaman. Pengalaman bisa dicari semasa kuliah berlangsung. Diwadahi oleh kampus dengan berbagai macam organisasi untuk melatih soft skill dan akademik untuk hard skill. Penting sekali untuk mengetahui potensi diri sendiri,” sebut Meita.

Meita yang juga menjabat sebagai dosen Psikologi ini juga menjelaskan bahwa saat ini, Unesa sudah memiliki wadah untuk menampung keresahan yang dirasakan mahasiswa dalam memilih karirnya. Bimbingan konseling karir adalah program yang saat ini dijalankan untuk mengatasi keresahan mahasiswa.

“Bisa kalau mau curhat disini (bimbingan konseling) ada kontak yang bisa dihubungi nantinya. Program ini tentunya juga memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh Unesa. Yakni pada jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi. Program ini harus lebih efisien dalam meningkatkan minat mahasiswa untuk mengikuti kegiatan UCC,” kata Meita.

Pada dasarnya, setiap mahasiswa selalu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lembaga pendidikan utamanya kampus selalu memfasilitasi mahasiswa dengan pembinaan karir yang memiliki banyak program. Meita terus berharap mahasiswa Unesa bisa menjadi lulusan yang unggul dan dipermudah jalan karirnya.

“Saya percaya mahasiswa Unesa ini unggul dan berdaya saing. Terbukti saja dengan prestasi dari inovasi mahasiswa. Saya hanya berpesan. Jangan mudah menyerah untuk mencari dan menggali soft skill diri. Itu sangat penting, jadi jangan sampai abai dengan fasilitas yang diberikan oleh pihak kampus. Belajar itu sangat mudah dan dinamis,” tutupnya