Lomba Esai Nasional, Undiksha Raih Juara III

Singaraja- Mahasiswa Undiksha silih berganti menorehkan prestasi. Kali ini dari Lomba Menulis Esai Nasional yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 3 Agustus 2021. Tim terdiri atas Putu Pipit Pricellia Eka Putri dan Nur Widyas Junior Timbeng dari Prodi Ilmu Hukum berhasil meraih juara III.

Pipit Pricellia Eka Putri, selaku ketua tim mengatakan lomba yang diikutinya bertemakan “Mengasentuasikan Kualitas Legislator Menuju Efesiensi Hukum di Indonesia”. Esai yang ditulis adalah “Menyoal Kapabilitas Legislator Terhadap Proses Jalannya Pengesahan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual”. Ketertarikan mengulas isu tersebut karena saat ini kasus-kasus kekerasan seksual cenderung meningkat, tetapi disisi lain beberapa instrumen hukum yang ada belum secara spesifik mengatur mengenai perlindungan dan pemulihan korban. “Sehingga RUU PKS menjadi sangat urgensi untuk segera disahkan oleh para pembuat Undang-Undang demi terwujudnya efisiensi hukum di Indonesia,” jelasnya, Ragu (4/8/2021).

Guna mendapatkan hasil terbaik, banyak persiapan yang harus dilakukan, mulai dari penyusunan naskah hingga tahap presentasi. “Sebelum masuk tahap presentasi, naskah diseleksi terlebih dahulu menjadi 8 besar pemenang,” katanya. Pada ajang ini, tim Undiksha juga harus berhadapan dengan tim perguruan-perguruan tinggi ternama yang dianggap bergengsi. Meski begitu, hal tersebut tidak menyurutkan semangat untuk berkompetisi dan tetap optimis untuk bisa menampilkan karya terbaik, agar tetap bisa mengharumkan nama lembaga. “Sangat senang perjuangan ini mendapatkan juara,” tuturnya seraya menambahkan prestasi ini menjadi semangat untuk meningkatkan kualitas diri.

Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H. LL.M mengapresiasi atas capaian yang di raih oleh mahasiswanya. “Dalam situasi pandemi ini mahasiswa ilmu hukum mampu trus memberikan prestasi bagi Undiksha. Semoga hal ini dapat memotivasi mahasiswa-mahasiswa yang lain untuk berprestasi,” ucapnya. Apresiasi juga diberikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. “Semoga mahasiswa dari Prodi Ilmu Hukum semakin banyak yang berprestasi. Begitu juga mahasiswa yang lain,” ujarnya. (hms)

Baca Juga :  Rektor Unsyiah Ajak Peneliti Dunia Kembangkan Inovasi untuk Pembangunan
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
413 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x