Keunggulan Lima Prodi PSDKU Unpad Pangandaran

Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Padjadjaran di Pangandaran membuka kesempatan kepada calon mahasiswa untuk dapat bergabung. Terdapat sejumlah keunggulan dan kekhasan dari setiap program studi di PSDKU Unpad Pangandaran.

Sejumlah keunggulan dan kekhasan dari setiap program studi di Kampus PSDKU Unpad ini dipaparkan dalam gelar wicara “Ayo Kenal Unpad” yang disiarkan secara streaming dari Kampus Unpad Pangandaran, Jumat (17/6/2022).

Salah satu program studi di PSDKU Pangandaran, yaitu Perikanan memiliki kekhasan dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang perikanan dan kelautan di kawasan tropis.

“Memang kita berharap bahwa lokasi kita yang berada di Pangandaran ini memberikan dampak yang sangat luar biasa. Kita berharap, karena lokasinya berada di kawasan pesisir, kita bisa memberikan kontribusi yang signifikan,” kata Ketua Program Studi Perikanan PSDKU Unpad Pangandaran Alexander M.A. Khan, S.Pi., M.Si., Ph.D.

Lebih lanjut Alexander mengatakan bahwa lulusan Perikanan PSDKU Unpad dapat menjadi akademisi dan peneliti di kawasan pesisir dan pengembangan perikananan.

Selain itu, prospek lulusan program studi ini pun dapat menjadi entrepreuneur di bidang perikanan dan pengelola pariwisata di kawasan pesisir, mengisi posisi manajerial di instansi, konsultan di kawasan pesisir dan kawasan pengembangan perikanan. Lulusan juga diharapkan dapat menjadi penggerak pembangunan masyarakat di kawasan pesisir.

Baca Juga :  Calon Mahasiswa dengan Keterbatasan Finansial Tetap Bisa Berkuliah di Unpad

Alexander mengungkapkan bahwa progam studi Perikanan PSDKU Unpad ini bukan hanya membekali mahasiswa secara teori tetapi juga praktiknya.

“Kebetulan lokasi kita di kawasan pesisir, sehingga memudahkan aksesibilitas kita untuk melakukan kajian-kajian di kawasan pesisir,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Peternakan PSDKU Unpad Dr. Ir. Hendi Setiyawan, M.Si. mengatakan bahwa program studi Peternakan di Pangandaran ini memiliki kekhasan kajian mengenai sumber daya alami dan ternak tropis.

“Pengembangan peternakan ke arah produksi peternakan torpis merupakan unggulan kami dan bisa menjadi komoditas bisnis di bidang peternakan,” ungkap Hendi.

Prodi ini pun memiliki kurikulum yang terbarui serta dosen-dosen yang ahli di bidangnya. Kegiatan pembelajaran didukung oleh fasilitas yang memadai.

Prodi lain, Ilmu Komunikasi pun memilik kekhasan, khususnya terkait komunikasi pariwisata. Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Ilham Gemiharto, S.Sos., Msi mengatakan bahwa dengan lokasi di Pangandaran, ada banyak hal yang dapat dipelajari di wilayah ini.

“Komunikasi pariwisata menjadi salah satu ilmu komunikasi yang dominan dari Ilkom PSDKU,” ujar Ilham.

Lebih lanjut Ilham mengatakan bahwa ada banyak materi kuliah menarik yang akan didapat di Ilmu Komunikasi PSDKU Pangandaran, termasuk komunikasi kesehatan, komunikasi media, dan komunikasi politik.

“Untuk calon mahasiswa S-1, ini menjadi tempat belajar yang sangat menyenangkan, sangat lengkap , dan punya lab alami yang sangat penting untuk pengembangan keilmuan komunikasi,” ujar Ilham.

Baca Juga :  Lawalata IPB University Ungkap Peran Pemuda dan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana

PSDKU Pangandaran pun memiliki program studi terkait layanan kesehatan, yaitu Keperawatan. Ketua Program Studi Keperawatan PSDKU Unpad  Dr. Siti Yuyun Rahayu Fitri, S.Kp., M.Si. mengatakan bahwa program studi ini menyesuaikan topografi di wilayah Pangandaran. Untuk itu, prodi ini memiliki kekhasan dalam keperawatan pariwisata.

Keperawatan pariwisata ini akan berfokus pada pelayanan keseahatan manusia yang terkait pariwisata, termasuk wisatawan, penduduk sekitar, pemerintah daerah, dan stakeholders lain yang terkait.

“Jadi supaya mendukung kepada terwujudnya pariwisata yang sehat,” jelas Yuyun.

Selain itu, Keperawatan PSDKU Pangandaran juga ingin mengusung terkait health tourism, atau kesehatan yang menjadi daerah tujuan wisata.

“Jadi bagaimana kita menarik wisatawan itu untuk berkunjung dengan tujuan kesehatan,” ujar Yuyun.

Ketua Program Studi Administrasi Bisnis PSDKU Unpad Dr. Iwan Sukoco, M.Si., mengatakan bahwa program studi ini memilki kekhasan dalam membantuk lulusan menjadi entrepreneur dan intrapreneur.

Program studi ini cocok bagi mereka yang berminat dalam dunia bisnis. Di Administrasi Binsis PSDKU, mahasiswa akan belajar berbagai hal terkait bisnis termasuk mengenai pengelolaan produksi, SDM, Marketing, dan Keuangan.

“Kami menyiapkan calon sarjana ini lengkap supaya mereka bisa terjun dalam masyarakat,” kata Iwan.(arm)*

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
392 Views