Inisiasi Kerjasama IPB University dengan PT Golden Truly Retailindo

IPB University melalui Lembaga Kawasan Sains dan Teknologi (LKST) menginisiasi kerjasama dengan PT Golden Truly Retailindo secara daring, 15/3. Kerjasama ini terkait pengembangan budidaya tanaman alpukat dan rumput laut.

Turut hadir dalam kegiatan, Kenny Wirya selaku CEO PT Golden Truly Retailindo,  William Sutioso selaku CEO PT Arabikatama Khatulistiwa Fishing Industry, Adriant dan Jonathan Wirya, Dr Darda Efendi sebagai inovator IPB University sekaligus pakar tanaman alpukat. Hadir pula dalam pertemuan tersebut Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Bisnis/Kepala LKST IPB University, Prof Erika B Laconi serta para pimpinan di bawah koordinasi LKST.

Prof Erika menyampaikan, IPB University sangat menyambut baik terhadap rencana PT Golden Truly Retailindo untuk bekerjasama dalam mengembangkan agriculture terutama di bidang buah-buahan yaitu alpukat.  Ia menyebut, selama ini pengembangan untuk sawit sudah jenuh dan sudah banyak Industri yang menghilirisasi. Oleh karena itu, sudah saatnya inovasi lain yang dikembangkan bersama.

Baca Juga :  Wakil Kepala LPPM IPB University Tegaskan Data Desa Presisi Bukan Proyek, Tapi Pengabdian Perguruan Tinggi

Prof Erika juga menekankan kepada mitra untuk menggandeng inovasi IPB University dalam rangka mendapatkan mitra terbaik agar inovasi yang ada bisa di-scale up. Ia mengaku, IPB University siap memfasilitasi agar inovasi yang ada bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.

Sementara Dr Darda Efendi sebagai inovator dan juga pakar tanaman alpukat menyampaikan bahwa tanaman alpukat merupakan super food yang kaya dengan gizi. Tanaman alpukat juga layak dan pantas dikembangkan di Indonesia agar dapat eksis di pasar Internasional.

Dirinya menawarkan ada tiga mekanisme kerjasama yang dapat dilakukan yaitu sistem pembibitan untuk menunjang penyediaan bibit yang seragam;  penyediakan varietas baru; dan  kerjasama penelitian pasca panen.

Baca Juga :  ITS Dominasi Kejuaraan KRI Regional 2020

Dalam pertemuan ini, Prof Erika B Laconi menjelaskan selain budidaya alpukat, inovasi lain yang ditawarkan terkait produk pertanian adalah pengembangan budidaya pisang, nenas dan durian serta penjajakan kerjasama untuk inovasi berbasis rumput laut.

Melihat peluang kerjasama ini, Kenny Wirya sepakat untuk bekerjasama dengan IPB University dan akan segera ditindaklanjuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerjasama terkait fruits and ocean.

Sebagai penutup, Prof Erika B Laconi menyampaikan IPB University akan menyiapkan  produk dan inovasi di bidang agriculture dan ocean yang siap untuk dikembangkan.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
284 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x