Hibah PKKM Perkuat Kinerja: Joint Teaching Ilmu Komunikasi UNSOED di UNIB

Bertridharma di luar kampus menjadi salah satu indikator kinerja yang menjadi mandat dari hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Ilmu Komunikasi Unsoed.  Wujud realisasi dari mandat tersebut, adalah dengan joint teaching  antara Program Studi S1 Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED dan FISIP UNIB pada Rabu (14/9) yang digelar secara luring di Kampus Universitas Bengkulu (UNIB).  

Adalah Dr. Wisnu Widjanarko, M.Si., MIPR, CPR dan Dr. Edi Santoso, M.Si., CiQAR  yang mengajar di Program Studi S1 Ilmu Komunikasi UNIB, masing-masing untuk mata kuliah Public Relations Office dan Penelusuran Bahan Berita dan Publikasi.  “Konsepnya adalah kita mengajar sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di masing-masing mata kuliah tersebut,  jadi kita berkinerja dengan kualifikasi yang kita miliki sesuai dengan kebutuhan di kampus tujuan, dengan semangat kolaborasi antarkampus “ ungkap Wisnu yang juga Koordinator Program Studi S1 Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED.

Baca Juga :  Vokasi UI Beri Pelatihan Wirausaha Mandiri Digital Art untuk Anak dan Remaja

Lebih lanjut Wisnu menambahkan, sebagai bentuk kolaborasi tersebut, maka program studinya juga mengundang para dosen dari UNIB untuk mengajar di UNSOED. “ Insya Allah, kita di semester ini telah mempersiapkan sejumlah jam pertemuan kepada 2-3 dosen dari Ilmu Komunikasi UNIB untuk sharing dengan mahasiswa semester lima, khususnya di peminatan Public Relations  dan Jurnalistik & Produksi Media, “ pungkas Wisnu.

Dr. Edi dalam materinya mengulas tentang teknik wawancara.  Dosen Peminatan Jurnalistik & Produksi Media ini tidak hanya menjelaskan konsep dan jenis wawancara, tetapi juga strategi dan kiat mendapatkan informasi dari narasumber.  Ada pun Dr. Wisnu mengangkat tentang bauran kehumasan dan kehumasan sebagai teknik komunikasi, termasuk mengulas tentang opini publik. 

Baca Juga :  Setahun Merdeka Belajar, UNAIR Gelar Kuliah Lintas Prodi hingga Eksekusi Outbound Luar Negeri

Perkuliahan yang diikuti oleh mahasiswa semester lima Ilmu Komunikasi UNIB ini berlangsung dengan aktif, sejumlah pertanyaan mengemuka, khususnya pada aspek teknis tentang mengelola bauran kehumasan dan seni mewawancara narasumber. Tidak hanya berkegiatan joint teaching, selama di FISIP UNIB berlangsung pula diskusi akademik seputar MBKM bersama jajaran dekanat bersama pengelola jurusan.  Secara khusus, Dekan FISIP UNIB,  Dr. Yunilisiah didampingi para wakil dekan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini, serta berharap tidak hanya dalam hal pengajaran, melainkan juga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.  Tidak hanya itu, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNIB, Rasianna Br Saragih, M.Si., CPS beserta jajaran juga secara khusus bertukar pengalaman tentang implementasi MBKM di kampusnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
197 Views