Geopark Belitong, Mitra Departemen Biologi IPB University Resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geoparks (UGG)

Geopark Belitong yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan merupakan kawasan yang sangat menarik perhatian para wisatawan karena memiliki keunikan geologis, biologis, dan sosial-budaya. Kawasan ini telah resmi diakui oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) sebagai UNESCO Global Geopark (UGG).

Dalam acara Welcome Digital Event, beberapa waktu lalu, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, mengungkapkan kebanggaannya karena Geopark ini merupakan satu-satunya yang mewakili Asia sebagai anggota baru UGG.
Dalam acara tersebut, Rektor IPB, Prof Arif Satria juga turut memberikan sambutannya.  “Geopark Belitung memang layak mendapatkan gelar tersebut karena kuatnya keterkaitan antara aspek geologis, biologis, dan sosial-budaya. Semoga Geopark Belitung dapat meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat dan menjadi ujung tombak pariwisata Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, ada peran IPB University khususnya Departemen Biologi dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam pembentukan UGG. Sejak ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara FMIPA IPB University dengan Badan Pengelola (BP) Geopark Belitong tahun 2018, beberapa kegiatan telah dilakukan, baik dalam bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat.
Di bidang pendidikan, Departemen Biologi telah melakukan kunjungan dan pemberian materi ajar dan praktikum biologi bagi siswa-siswi di SMA Negeri 1 Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Baca Juga :  Dosen UI Temukan Bukti Kapal Nusantara Mampu Jelajahi Dunia Sebelum Kedatangan Bangsa Eropa

Departemen ini juga secara rutin mengadakan acara bertaraf internasional bertajuk International Summer Course on Biogeology of Belitong Geopark dalam tiga tahun berturut-turut (2018, 2019 dan 2020).
Kegiatan ini diikuti oleh para mahasiswa IPB University, Universiti Putra Malaysia, Kasetsart University Thailand, Osaka University, Kanazawa University Jepang, University of Nottingham Inggris dan beberapa perwakilan dari India, Australia, dan Prancis.

Kegiatan ini juga mengikutsertakan pelajar SMP dan SMA dari Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. Kegiatan Pendidikan lainnya adalah Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) 2020 oleh mahasiswa IPB University asal Belitung Timur di Geosite Tebat Rasau, Belitung Timur.

Dalam bidang penelitian Departemen Biologi aktif melakukan eksplorasi keanekaragaman tumbuhan Belitung di beberapa geosite di Geopark Belitong. Eksplorasi ini menghasilkan sejumlah publikasi ilmiah dan satu buku berjudul A Field Guide to The Potential Plants of Belitung Island yang diterbitkan IPB Press pada tahun 2019.

Selain eksplorasi tumbuhan, eksplorasi hewan juga telah dilakukan. Keanekaragaman lebah tak bersengat (stingless bee) telah dilakukan di Kawasan Geopark Belitong yang menghasilkan sejumlah publikasi ilmiah. Selain itu, Departemen Biologi dan Geopark Belitong juga telah berhasil membentuk Stasiun Riset Lapangan di dua geosite. Yaitu Geosite Bukit Peramun di Kabupaten Belitung dan Geosite Cendil di Kabupaten Belitung Timur.
Dalam bidang pengabdian masyarakat, Departemen Biologi, terutama tim dari Divisi Ekologi dan Sumberdaya Tumbuhan telah berhasil melakukan pelabelan nama tumbuhan pada beberapa geosite di Geopark Belitong. Selain itu, peran serta dosen muda departemen ini juga sangat penting dalam meningkatkan wawasan masyarakat lokal.

Baca Juga :  Unsyiah kembali Terima Bantuan Reagent dan Alat Laboratorium dari BNPB

Pada tahun 2019, para dosen muda dari departemen ini telah berhasil mengadakan Workshop Digital Tourism oleh Monitoring Center for Sustainable Tourism Observatory (MCSTO) IPB University untuk pelaku pariwisata dan pemerintah daerah di Kabupaten Belitung.

Focus Group Discussion (FGD) Pariwisata Berkelanjutan juga digelar oleh MCSTO IPB untuk pelaku pariwisata dan pemerintah daerah di Kabupaten Belitung.

Selain itu, penanggungjawab kerjasama IPB University dengan Geopark Belitong dan Pemerintah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur yaitu Hirmas Fuady Putra, SSi, MSi sejak 2018 terlibat aktif dalam penyusunan dokumen Dossier aplikasi Geopark Belitong ke UNESCO Global Geopark.

Menurut Dosen IPB University dari  Divisi Ekologi dan Sumber Daya Tumbuhan, Departemen Biologi FMIPA ini, berbagai bentuk kerjasama antara Departemen Biologi dengan Geopark Belitong, Pemerintah Kabupaten Belitung dan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur akan terus berlanjut dalam rangka pengembangan UGG Belitong Geopark ke depan. (HFP/JAP/Zul)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
358 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x