Faperta IPB University Teken Kerjasama dengan Taman Nasional Gunung Ciremai

Fakultas Pertanian IPB University menandatangani perjanjian kerjasama dengan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, 26/3. Penandatanganan dilakukan antara Dekan Fakultas Pertanian, Dr Sugiyanta dengan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuswandono, MSi.

Dekan Faperta IPB University, Dr Sugiyanta menjelaskan ada beberapa poin penting yang disepakati adalah pemanfaatan taman nasional sebagai area pendidikan. “Ada 100 hektar lahan taman nasional yang terdiri dari zona inti, rimba dan kawasan penyangga. Kawasan ini dapat dimanfaatkan sebagai kelas dan laboratorium lapang bagi mahasiswa dan dosen Faperta IPB University,” terang Dr Sugiyanta.

Lebih lanjut ia menerangkan, beberapa kegiatan yang akan dilakukan antara lain kuliah kerja nyata tematik (KKN-T), magang, praktik lapang, dan kegiatan untuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Baca Juga :  UI Kembangkan Alat Bantu Pernapasan HFNC Untuk Bantu Penanganan Pasien COVID-19

Kegiatan KKN-T mendatang dialokasikan 50 mahasiswa untuk mendukung program pengembangan  yang sudah disepakati.    Program pengembangan yang akan dilakukan meliputi  bioprospekting  mikrob untuk Pertanian, bioprospekting serangga,  bioprospekting angggrek dan sayuran indigenous, pengembangan pertanian sehat, dan  pengembangan agroekowisata.  

Sebelumnya, Faperta IPB University telah melakukan beberapa kegiatan di Taman Nasional Gunung Ciremai. Beberapa kegiatan tersebut adalah KKN-T topik khusus: pertanian sehat 2019,  joint field course mahasiswa IPB University dengan Siga Perfecture University tahun 2019, dan bioprospecting mikrob untuk budidaya tanaman desa desa penyangga seluas 75 hektar sejak 2017. 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
97 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x