Ciptakan Inovasi Pengontrol Listrik Antisipasi Kebakaran, Mahasiswa Undiksha Raih Medali Emas di Ajang Internasional

Singaraja- Kebakaran bangunan berpotensi terjadi yang dipicu oleh kerusakan peralatan listrik atau elektronika. Untuk mengantisipasi hal tersebut, mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menciptakan karya inovatif berbasis teknologi yang diberi nama ELCO (Electric Control Automatic Tool). Karya ini juga berhasil meraih medali emas dalam ajang International Young Scientists Innovation Exhibition 2021 (IYSIE’21) Malaysia, yang berlangsung pada 25-30 Oktober 2021.

Inovasi tersebut dibuat oleh tim yang terdiri atas Kadek Yuda Wiryanatha dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Gede Sandita Widiada dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Luh Putu Restu Adi Utami dari Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Ni Komang Indah Juliantini dari Prodi Teknologi Pendidikan, dan Kadek Reda Setiawan Suda yang merupakan alumni Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Sandita Widiada yang mewakili tim, Senin (1/11/2021) menjelaskan ELCO merupakan alat kontrol jarak jauh otomatis pada peralatan listrik rumah yang dapat dinonaktifkan dan diaktifkan menggunakan aplikasi. Pembuatan karya ini tidak lepas dari adanya potensi kebakaran pada bangunan, termasuk pernah dialami oleh dirinya. “Saya pernah mengalami kejadian tidak terduga. Rumah saya dulunya pernah hampir kebakaran karena keteledoran saya dalam menggunakan peralatan listrik. Dari masalah itu, dengan basic saya yang dibidang teknik elektro berusaha memecahkan permasalahan tersebut dengan menghadirkan ELCO sehingga peralatan listrik rumah saya sekarang dapat dikontrol dari jarak jauh,” terangnya.

Disampaikan lebih lanjut, butuh waktu sekitar satu bulan untuk mempersiapkan karya itu, sebelum mengikuti kompetisi dengan peserta berasal dari 16 negara. “Kami bersyukur berhasil mendapatkan medali emas pada kategori Eectrical Engineering,” katanya. Raihan prestasi itu, sambungnya tidak lepas dari peran pembimbing, Dr. Nyoman Santiyadnya, S.Si., M.T., dan dukungan pimpinan Undiksha.

Kebanggaan juga dirasakan pimpinan Undiksha atas raihan prestasi itu. Apresiasi disampaikan Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., dalam apel pagi yang berlangsung secara virtual. “Ini sungguh luar biasa,” ucapnya. Ia berharap kedepan semakin banyak mahasiswa yang mampu mengharumkan nama Undiksha dari ajang kompetisi. Mewujudkan itu, dukungan dari para dosen dalam memberikan bimbingan sangat diperlukan. (hms)

Baca Juga :  Dua Mahasiswa Program MBKM Universitas Andalas terpilih mengikuti Upacara Sumpah Pemuda di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
82 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x