Bantu Perkembangan Ekonomi, Mahasiswa KKN-T IPB University Buat Peta Potensi Desa Sinar Sari

Desa Sinar Sari merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Desa ini memiliki banyak potensi ekonomi yang tersebar di berbagai lokasi, walaupun dengan luas wilayah yang terbilang cukup kecil yaitu sekitar 172 hektar saja.

Oleh karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) IPB University berinisiatif untuk membuat peta potensi Desa Sinar Sari. Hal ini agar gambaran potensi Desa Sinar Sari menjadi lebih jelas dan dapat diketahui oleh masyarakat desa maupun orang luar.

Steven Febrianto, mahasiswa KKN-T IPB University menjelaskan, proses pembuatan peta potensi desa memakan waktu sekitar dua minggu. Langkah pertama yang dilakukan dalam pembuatan peta adalah mengumpulkan data-data terkait potensi desa. Kemudian dilakukan survey terkait lokasi-lokasi yang memiliki potensi ekonomi. Tidak lupa juga untuk mendokumentasikan lokasi tersebut dan menanyakan informasi penting kepada para pemilik usaha. 

Baca Juga :  IPB University Jalin Kerjasama Lisensi dengan 4 Mitra Industri

“Dari sini diketahui bahwa ada sebanyak 22 potensi desa yang tersebar di Desa Sinar Sari. Diantaranya pembudidayaan ikan hias, Dramaga Aquarium, berbagai usaha konveksi seperti baju dan tas. Ada juga usaha pembuatan singkong geprek, usaha minuman sehat ‘Creative Center’ dan lain sebagainya,” ujarnya.

Steven melanjutkan, peta potensi desa dibuat menggunakan aplikasi Arcgis. Informasi yang didapatkan melalui survei seperti titik lokasi dan nomor telepon pengusaha yang diketahui, diinput dan disusun ke dalam aplikasi. 

Setelah itu, diadakan rapat dengan perwakilan desa agar hasil peta potensi sesuai dengan ekspektasi pihak desa. Langkah terakhir yaitu melakukan sentuhan terakhir atau perubahan terhadap mading sesuai dengan permintaan dari pihak desa.

Baca Juga :  Mahasiswa UI Raih Enam Penghargaan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020

“Kami berharap dengan adanya peta potensi ini dapat membantu perkembangan ekonomi dan pembangunan Desa Sinar Sari menjadi lebih baik,” pungkas Steven. (*)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
70 Views