3 Mahasiswa UM Juara Lomba Debat Bahasa Arab Nasional

Malang. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) kembali ukirkan prestasi di tengah pandemi. Pandemi yang sampai saat ini masih mewabah, bukan menjadi halangan bagi mereka untuk tetap berprestasi. Arya Wahyu Pratama mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Arab dan 2 temannya, Achmad Fahmi Alwan dan Muhammad Ahsan Thoriq berhasil meraih juara 3 dalam perlombaan Debat Ilmiah Bahasa Arab Online tingkat Nasional dalam rangkaian acara Suka Arabic Fest 2020.

Suka Arabic Fest sendiri merupakan event nasional dari jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga. Suka Arabic Fest tahun 2020 ini diadakan mulai dari tanggal 15 – 25 Oktober 2020. Karena pandemi yang masih mewabah, Suka Arabic Fest diadakan secara daring dengan berbbagai adaptasi.

Arya menyampaikan bahwa akibat dari perlombaan yang diadakan secara daring ini waktu yang diperlukan juga menjadi lebih lama. “Biasanya kalau lomba offline itu cuman butuh waktu sekitar 3 hari, hari pertama untuk penyisihan lalu besoknya lanjut sampai babak semifinal dan di hari terakhir itu babak final. Tapi kalau lomba secara online ini,1 hari hanya ada 2 pertandingan. Jadi butuh waktu sekitar 1 minngu untuk menyelesaikan perlombaan.”

Selain itu Arya juga menambahkan dirinya dan tim kesulitan saat pembahasan mosi. “Saat pembahasan mosi itu jadi kendala karena ada satu anggota tim yang nggak di Malang. Tapi itu bisa diatasi dengan Video Call melalui WhatsApp,” ujarnya.

Terakhir, Arya juga menyampaikan bahwa pandemi yang berlangsung ini bukan halangan untuk tetap berprestasi. “Memang benar bahwa Pandemi menghalangi atau bahkan meniadakan kegiatan yang semestinya kita lakukan, namun dibalik itu ada juga kesempatan yang sangat sayang sekali jika dilewatkan yaitu memanfaatkan waktu. Tinggal bagaimana caranya kita tetap produktif meski dengan hanya di rumah saja,” pungkasnya.

Pewarta  : Muhammad Zaid Al Khair – Internship Humas UM