Upaya UMN Cegah Penyebaran Virus Corona

TANGERANG – Masifnya penyebaran Novel Coronavirus (2019-nCov) atau yang dikenal dengan Virus Corona menggemparkan dunia. Gejala yang ditimbulkan virus ini mirip dengan batuk, pilek dan demam. Kini, Virus Corona telah menembus 61 negara dengan 86.529 kasus dan 2.979 kematian (Kompas.com, 01/03/2020).

Menanggapi hal tersebut, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menghimbau sejumlah langkah pencegahan penyebaran Virus Corona untuk menciptakan lingkungan kampus yang sehat. Hal tersebut tertuang dalam Memo No: 012/WRII/III/2020 dan Surat Edaran No: 01/WRIII/03/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Virus Corona.

Wakil Rektor II UMN Andrey Andoko memaparkan bahwa memo dan surat edaran tersebut bersifat himbauan bagi sivitas akademika UMN untuk sering mencuci tangan, menggunakan masker jika batuk atau pilek, menjaga asupan gizi yang seimbang dan memperbanyak sayur dan buah, berolahraga dan istirahat yang cukup, menghindari makan makanan yang tidak terjamin kebersihannya, ­ serta menjaga kebersihan ruangan dan lingkungan kampus.

“Jaga kebersihan diri dan lingkungan. Lebih sering cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, karena tangan kita sering menyentuh meja, gagang pintu, pegangan tangga, tombol lift, dan lainnya yang dikhawatirkan mengandung virus,” papar Andrey.

Serupa dengan Andrey, Wakil Rektor III UMN Ika Yanuarti menjelaskan bagi sivitas akademika yang mengalami gangguan kesehatan, seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan gangguan pernapasan lain dapat segera memeriksakan diri ke Rumah Sakit.

“Bagi mahasiswa yang sedang batuk atau pilek, silahkan gunakan masker. Bagi yang mengalami gangguan kesehatan dan pernapasan lainnya segera berobat ke dokter dan beristirahat di rumah,” jelas Ika.

Ika menambahkan, meski tidak menjalani rawat inap (opname), mahasiswa yang tidak masuk kuliah karena gangguan kesehatan dan pernapasan dapat mengajukan pemutihan absensi di Student Service dengan menunjukkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit.

Selain melakukan himbauan, UMN juga melakukan aksi nyata pencegahan penyebaran Virus Corona, yaitu dengan membersihkan tombol lift, pegangan tangga dan gagang pintu dengan cairan desinfektan, serta memberikan masker dan hand sanitizer kepada seluruh sivitas akademika UMN sebelum masuk kampus.

“Kami dari divisi Kemahasiswaan bersama DKBM (Dewan Keluarga Besar Mahasiswa) telah melakukan kampanye pencegahan penyebaran Virus Corona, seperti memberikan hand sanitizer sebelum masuk kampus dan memberikan sosialisasi di sejumlah area kampus,” tutup Citra selaku Manajer Kemahasiswaan UMN. (CRA)