Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek dan Delegasi Mengunjungi Awardee IISMA di Hanyang University dan Korea University

Seoul – Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Korea Selatan untuk melaksanakan beberapa kegiatan pada tanggal 1 – 9 November 2022, delegasi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam hal ini diwakili oleh Plt Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi, Kepala Subbagian Tata Usaha, Afriyudianto, dan Sub-Koordinator RPL dan Pembelajaran Internasional, Yulita Proyoningsih, yang didampingi oleh Ida Puspita, Koordinator Bidang Komunikasi, Kerja Sama, dan Promosi Program IISMA, juga berkesempatan mengunjungi universitas mitra dalam Program IISMA di Hanyang University dan Korea University pada tanggal 4 November 2022. Dalam kunjungan ini, delegasi Belmawa sekaligus juga bertemu dengan 100 mahasiswa IISMA yang menempuh studi di dua universitas ini dengan jumlah masing-masing sebanyak 50 mahasiswa. Mereka berasal dari 26 perguruan tinggi di Indonesia untuk Hanyang University dan 22 perguruan tinggi di Indonesia yang ke Korea University.

Tahun ini merupakan tahun kedua bagi Hanyang University dan Korea University menjadi perguruan tinggi mitra Kemendikbudristek dalam pelaksanaan Program IISMA di Korea Selatan. Kunjungan ini disambut oleh Vice President for International Affairs di Hanyang University, Chong Seung Yoon, dan jajaran tim pengelola Program IISMA di universitas ini. Agenda kunjungan meliputi kunjungan ke Museum Hanyang University, diskusi program IISMA dengan jajaran pimpinan, melihat video hasil karya awardee IISMA Heroes Challenge dalam rangka memperingat Hari Pahlawan 10 November, penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kemendikbudristek dan Hanyang University, serta diskusi dengan ke 50 awardee IISMA. Wakil Presiden Bidang Internasional Hanyang University menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kepercayaan Kemendikbudristek kepada Hanyang University yang telah dua kali menjadi mitra bagi Program IISMA sejak tahun 2021.

“Mahasiswa Indonesia dalam program IISMA sangat bagus performanya baik dalam bidang akademik dan non-akademik dengan sejumlah prestasi dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Mahasiswa Indonesia pada umumnya juga mandiri dalam menyelsaikan tantangan atau masalah selama belajar di sini jika dibandingkan dengan beberapa mahasiswa asing dari negara lainnya”, ucap Yoon.

Baca Juga :  Magang Bersertifikat di Pasar Rakyat, Libatkan Mahasiswa Jadi Penggerak Ekonomi Nasional

Dalam kesempatan tersebut Sri Gunani Pratiwi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada jajaran pimpinan di Hanyang University dan tim yang telah memfasilitasi dengan sangat baik untuk Program IISMA sehingga para awardee dapat menimba ilmu baik di dalam kelas maupun pengalaman di luar kelas di Hanyang University. “Hanyang University merupakan universitas mitra yang mendapatkan jumlah pendaftar yang paling tinggi pada Program IISMA 2022.

Kami juga senang dapat melihat hasil karya mahasiswa dalam bentuk video yang ke 50 mahasiswa memiliki peran masing-masing, saling membantu dan memanfaatkan potensi diantara mereka dan fasilitas kampus secara mandiri, tanpa bantuan pihak ketiga dalam pembuatan videonya. Kami juga bersyukur mendengar feedback dari manajemen di Hanyang University bahwa para awardee IISMA aktif dan berprestasi. Mereka cepat beradaptasi dengan lingkungan dan memberikan warna tersendiri karena cukup menonjol dalam perkuliahan”, ungkap Sri.

Dalam sesi diskusi dengan para awardee, ditampilkan hasil karya mereka dalam bentuk video-video, laporan keterlibatan mereka dalam beberapa kegiatan bagi mahasiswa di Hanyang University, dan dua mahasiswa IISMA mendapatkan apresiasi terbaik dalam project entrepreneurship mereka di kelas. Mahasiswa di Hanyang University terlihat sangat bersemangat selama menjalankan aktivitas akademik dan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler.

Di hari yang sama, delegasi Belmawa Kemendikbudristek mengunjungi Korea University (KU) dengan agenda yang sama dengan di kampus sebelumnya, tur kampus, pertemuan dengan Vice President for International Affairs dan jajarannya sebagai pengelola Program IISMA, penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Program IISMA, dan pertemuan dengan para awardee. Dalam sesi diskusi dengan pimpinan KU, Sri Gunani Partiwi memaparkan bahwa Korea University dan Hanyang University merupakan dua mitra yang mendapatkan jumlah awardee terbanyak karena peminat pada dua universitas ini termasuk yang tertinggi diantara universitas mitra lainnya di dunia.
“Kami bersyukur bahwa mahasiswa sangat senang dapat belajar di KU dan merasa sangat puas dengan penerimaan serta fasilitasi yang diberikan oleh KU. Bahkan para awardee merasa seperti mendapatkan perlakuan khusus. Dalam hal akademik mahasiswa juga tidak mengalami persoalan berarti, dan bahkan beberapa awardee IISMA cukup aktif dan menonjol dalam beberapa kegiatan”, papar Sri.

Baca Juga :  Plt. Direktur Belmawa Melepas 15 Awardee IISMA ke University of Birmingham Inggris

Hikyoung Lee, Wakil Presiden Bidang Kerja Sama Internasional KU menyampaikan bahwa Program IISMA merupakan program yang istimewa di KU dan mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk kedua kalinya menjadi mitra dalam program ini. “Tim pengelola IISMA di KU berusaha memberikan pelayanan terbaik pada para awardee IISMA”, ungkap Lee. Dalam sesi diskusi dengan para awardee, Sri memberikan motivasi agar mereka dapat memanfaatkan kesempatan yang luar biasa ini untuk mengembangkan potensi akademik dan jejaring mereka di luar negeri. Para awardee juga melaporkan kegiatan dan prestasi mereka selama belajar di KU diantaranya berpartisipasi dalam kegiatan bagi mahasiswa domestik dan internasional di KU.

Selain itu, Sri juga memaparkan beberapa potensi program kerja sama lainnya dalam bidang pertukaran mahasiswa dengan Hanyang University dan Korea University selain Program IISMA yang dikelola oleh Belmawa. Dalam kesempatan terpisah, Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya menyampaikan rasa syukurnya bahwa delegasi Belmawa Kemendikbudristek dapat berkesempatan menengok Program IISMA di dua universitas mitra di Korea sehingga dapat meninjau secara langsung kegiatan para awardee di sana dan sejumlah prestasi mereka serta layanan yang diberikan oleh Hanyang University daan Korea University.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
550 Views