Hakteknas Ke-27 dalam Menyongsong Transformasi dan Inovasi Pendidikan melalui Teknologi

Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan acara puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2022 dengan tema “Transformasi dan Inovasi Pendidikan melalui Teknologi”, pada Rabu (10/8).

Memperingati Hakteknas ke-27 ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan di dunia pendidikan yang telah memanfaatkan terobosan Merdeka Belajar.

“Itulah mengapa Kemendikbudristek merancang dan meluncurkan berbagai terobosan Merdeka Belajar. Dengan memanfaatkan teknologi sebagai solusi untuk mengatasi sejumlah tantangan dalam dunia pendidikan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam menyampaikan bahwa perkembangan teknologi saat ini telah memungkinkan kita melakukan sesuatu yang tidak terbayangkan.

Selanjutnya, teknologi juga menjadi empower dalam memberdayakan seseorang. “Guru yang tadinya tidak banyak punya akses ke sumber belajar yang bagus, tiba-tiba dengan teknologi bisa punya akses pada sumber daya yang bagus,” jelasnya.

Baca Juga :  Kolaborasi Ditjen Dikti dan Huawei Indonesia, Upaya Nyata Akselerasi Transformasi Pendidikan Digital Indonesia

Terakhir juga disebutkan bahwa teknologi sebagai transformer yakni dengan mentransformasikan mulai dari generasi penerus, guru, serta dosen untuk menuju masa depan.

Nizam juga menyampaikan bahwa kita tidak boleh hanya menjadi pengguna tapi harus menjadi bagian dari pencipta teknologi. “Dan inilah yang sedang didorong secara serius. Kita harus lebih kuat lagi dari energi yang telah kita lakukan selama pandemi ini sehingga Indonesia bisa berlari lebih kencang melompat ke masa depan menjadi negara maju, negara sejahtera,” pungkas Nizam.

Hakteknas merupakan hari bersejarah nasional yang diperingati setiap 10 Agustus berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1995. Hakteknas diperingati untuk menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta untuk memberi dorongan kepada mereka untuk senantiasa membangkitkan daya inovasi dan kreasi guna kesejahteraan dan peradaban bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Upaya Tingkatkan Mutu Pendidikan Tinggi di Aceh, Kemdikbudristek Bangun Gedung Perkuliahan Unimal

Peringatan Hakteknas ke-27 ini juga dimeriahkan oleh pameran yang menampilkan beberapa produk hasil karya inovasi dan teknologi dari berbagai institusi pendidikan yang berperan aktif dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Pameran ini juga dapat dinikmati secara virtual dengan mengunjungi hakteknas2022.kemdikbud.go.id.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
931 Views