Gotong Royong Wujudkan Universitas Kelas Dunia, Ditjen Diktiristek Gelar Workshop Tata Kelola Perguruan Tinggi Menuju WCU

Jakarta – Sebagai upaya meningkatkan jumlah perguruan tinggi yang bertaraf internasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan workshop Tata Kelola Universitas Berkelas Dunia pada Rabu-Jumat (9-11/8) di Jakarta.

Kegiatan yang dihadiri oleh pimpinan perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta dan akademisi yang berpengalaman dalam tata kelola perguruan tinggi ini bertujuan meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Indonesia untuk menjadi sebuah perguruan tinggi yang berkelas dunia. Selain itu, ajang ini merupakan sarana berbagi pengalaman dan diskusi antar pengelola perguruan tinggi yang berkolaborasi untuk mewujudkan tata kelola perguruan tinggi untuk masuk dalam kualifikasi universitas berkelas dunia.

Plt. Dirjen Diktiristek Nizam dalam pengantar diskusi mengungkapkan bahwa ada enam kunci dasar untuk meningkatkan reputasi perguruan tinggi, antara lain leadership, ownership, organization, transformasi, entrepreneurship, efisiensi, kreativitas, dan kolaborasi. “LOOTEEK ini kunci dasarnya”, ujar Nizam.

Baca Juga :  Program Holistik Pemberdayaan dan Pembinaan Desa 2021 untuk Kemajuan Desa

Lebih lanjut Nizam juga menjelaskan pentingnya perguruan tinggi untuk memperbaiki indikator-indikator capaian yang berpengaruh dalam peningkatan rekognisi internasional. Beberapa indikator yang perlu diperhatikan antara lain jumlah sitasi per fakultas, jumlah mahasiswa internasional, dan jaringan riset internasional. “Indikator-indikator seperti citation per-faculty, international students, dan international research network perlu kita tingkatkan supaya perguruan tinggi Indonesia mampu masuk kelas dunia”, ujar Nizam.

Akhmaloka, salah satu pemateri dari Institut Teknologi Bandung berharap setelah penyelenggaraan workshop ini, para peserta dapat mengimplementasikan strategi penguatan tata kelola perguruan tinggi kelas dunia di masing-masing kampus.

Sementara itu, Rina Pudji Astuti, peserta dari Universitas Telkom mengapresiasi penyelenggaraan workshop ini. Workshop ini memberi inspirasi bagaimana perguruan tinggi harus mempersiapkan diri untuk masuk dalam jajaran universitas berkelas dunia. “Kami bisa belajar dan banyak terinspirasi saat mengikuti workshop World Class University ini. Materi yang disampaikan bukan hanya ide, namun juga dibahas langkah-langkah mengimplementasikannya di perguruan tinggi”, ujar Rina.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Baca Juga :  Dies Natalis UNY ke-56: Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : Satu Dikti
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
1195 Views