FAKULTAS KESEHATAN UDINUS BERIKAN BANTUAN KEPADA WARGA TAMBAKREJO

Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang memberikan bantuan kepada warga Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara. Pemberian yang berupa sembako hingga hand sanitizer sebagai uapya membantu warga agar terhindar dari pandemi Covid-19.

Dalam proses pembagian sembako , hand sanitizer hingga masker diterima langsung oleh Lurah wilayah Tambakrejo yakni M. Yosep Joko S,S.Pd. “Kami sampaikan terima kasih atas perhatian dan kemurahan hati para dosen Fakultas Kesehatan Udinus ini. Warga yang mendapat bantuan ini adalah mereka yang selain terdampak Covid-19 juga merupakan warga yang tergusur normalisasi Banjir Kanal Timur,” tutur Yosep mewakili warganya di Tambak Rejo.

Ketua Program Studi Kesehatan Masyarakat Udinus, Dr. MG Catur Yuantari, S.KM M.Kes mengatakan bantuan yang diserahkan kepada masayrakat Tambakrejo merupakan rangkaian kegiatan dari Udinus yakni ‘Udinus Peduli Covid-19’. Menurutnya hand sanitizer yang dibagikan kepada warga merupakan karya dari Udinus khususnya Fakultas Kesehatan. “Bantuan yang kami berikan setidaknya meringankan beban dari masyarakat yang terdampak pandemik global ini. Bantuan ini dikumpulkan melalui donasi dosen-dosen FKes di Udinus, sehingga wilayah di Tambak Rejo Semarang ini dapat terbantu,” jelasnya.

Ia bersama dengan para dosen Fakultas kesehatan Udinus juga terus mengingatkan agar warga tetap melakukan social distancing dan selalu melakukan cuci tangan serta tetap menggunakan masker. “Saat menjumpai warga, kami juga terus mengingatkan kepada warga Tambakrejo terkait Social Distancing. Warga tetap harus mentaati anjuran dari pemerintah terkait penanganan Covid-19 supaya pandemik ini tidak terus meluas penyebarannya,” tegas Kaprogdi Kesmas Udinus tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, tim FKes Udinus juga memberikan hand sanitizer dan masker ke warga di sekitar Jl Tanjung dan Tawang. Sedangkan Udinus Peduli Covid-19 sendiri telah membagikan APD pada tenaga medis di empat Rumah Sakit di kota Semarang. Diantaranya RSUP Kariadi, RSUD Tugurejo, RSUD KMRT Wongsonegoro, dan RSU William Booth Semarang. APD buatan Udinus sendiri terdiri dari baju hazmat, face shield, masker, hand sanitizer, serta makanan dan minuman suplemen.