Dirjen Dikti: UKMPPD Instrumen Penting Jaga Kualitas Lulusan Prodi Kedokteran

Yogyakarta – Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan instrumen penting untuk menjaga standar kompetensi lulusan program profesi dokter. Hal ini disampaikan Dirjen Dikti, Nizam saat memantau pelaksanaan CBT UKMPPD yang diselenggarakan di CBT Center Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII) pada Sabtu (20/2).
 
Nizam menjelaskan bahwa penyelenggaraan UKMPPD mempunyai tujuan untuk menjaga mutu dan kompetensi lulusan pendidikan dokter. Menurut Nizam, menjaga standar kualitas dan kompetensi lulusan program pendidikan dokter merupakan keniscayaan untuk mewujudkan layanan kesehatan yang prima. Selain itu, uji kompetensi ini merupakan upaya perlindungan pemerintah bagi masyarakat .
 
Pada peninjauan ini Nizam berpesan supaya para peserta UKMPPD bersungguh-sungguh dalam menjalani tiap tahapan ujian. Nizam berharap melalui UKMPPD dapat dihasilkan dokter-dokter masa depan sebagai tulang punggung layanan kesehatan di Indonesia.
 
“Selamat melaksanakan ujian. Semoga melalui UKMPPD ini lahir dokter-dokter masa depan sebagai garda terdepan dalam membangun Indonesia sehat,” harap Nizam saat memberikan arahan kepada peserta UKMPPD.
 
Nizam juga mengapresiasi kinerja panitia penyelenggara yang telah menyelenggarakan pelaksanaan CBT UKMPPD gelombang I yang berjalan tertib, sesuai dengan prosedur dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
 
UKMPPD merupakan ujian yang harus dilalui oleh mahasiswa Program Profesi Dokter sebelum dinyatakan layak menyandang jabatan dokter. UKMPPD terdiri dari dua fase ujian yaitu Tes berbasis komputer (Computer Based Tes) dan OSCE (Objective Structured Clinical Examination). Pada 2021 ini UKMPPD diselenggarakan dalam empat periode antara lain pada Februari, Mei, Agustus dan November.
(YH/DZI/FH/NH/DH/MSF)

Baca Juga :  Ditjen Dikti Luncurkan Buku Panduan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Aplikasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Laman : www.dikti.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Dikti
E-Magz Google Play : G-Magz

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
508 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x