Delegasi Terbesar Mahasiswa Program IISMA 2022 Dilepas Dirjen Diktiristek Menuju Inggris dan Beberapa Negara di Uni Eropa

Jakarta – Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Nizam, secara resmi melepas keberangkatan delegasi terbesar IISMA 2022 ke Eropa dan Inggris. Ada 225 awardee IISMA yang diberangkatkan tujuan ke United Kingdom dengan rincian 20 mahasiswa ke University of Glasgow, 15 mahasiswa ke University of Sussex, 10 mahasiswa ke University of Exeter, 4 mahasiswa ke Queen Mary University of London, 20 awardees ke University of Leeds, 25 Awardees ke University of Liverpool, 9 mahasiswa ke Lancaster University, serta tujuan ke Eropa dengan rincian 45 mahasiswa ke Sapienza University of Rome Italia, 25 mahasiswa ke University of Warsaw Polandia, 20 mahasiswa ke Palacky University Olomouc Republik Ceko, dan 32 mahasiswa ke Universitat Pompeu Fabra Spanyol. Pelepasan ini merupakan pelepasan gabungan dengan jumlah delegasi terbanyak di IISMA.

Pelepasan secara daring yang juga dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Program IISMA, para orang tua, dan perwakilan perguruan tinggi asal mahasiswa ini merupakan ajang untuk memberikan pengarahan terakhir yang diberikan oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Ketua Program IISMA, perwakilan perguruan tinggi asal, dan orang tua kepada segenap mahasiswa agar dapat melaksanakan program dengan lancar. Pengarahan yang disampaikan dari berbagai pihak diharapkan menjadi salah satu bekal utama dan pegangan bagi para mahasiswa untuk bisa beradaptasi dan menjalani program dengan baik. Di momen ini, para mahasiswa berpamitan dan meminta doa restu kepada semua pihak. Para mahasiswa mengikuti pelepasan ini di Bandara Soekarno Hatta.

Dalam kesempatan tersebut, Nizam mengucapkan selamat kepada para awardee atas terpilihnya mereka sebagai duta bangsa mewakili 9 juta mahasiswa se-Indonesia untuk membawa nama baik Indonesia ke mancanegara melalui Program IISMA 2022.

Baca Juga :  Susun Peraturan Baru, PTN Akan Kelola PPID Sendiri

“Adik-adik sekalian adalah benar-benar wakil dari Indonesia untuk mengabarkan tentang negara kita ke komunitas internasional, disamping menimba ilmu ke luar negeri, menimba pengalaman dan membangun persahabatan global. Ini kesemaptan yang sangat baik untuk mengenal dunia. Ketika tiba di negara tujuan, kalian harus berpencar dalam membangun persahabatan global. Sampaikan kabar seluas-luasnya tentang masakan, lagu daerah, dan foto-foto tentang keindahan alam Indonesia. Kenalkan tentang keramahtamahan masyarakat Indonesia dan sampaikan bahwa Indonesia telah menjadi negara yang maju”, paparnya.

Nizam juga menyampaikan bahwa ini adalah kesempatan bagi para mahasiswa untuk menimba ilmu, pengalaman tentang etos kerja masyarakat Eropa, disiplin mereka dalam berbagai hal yang bisa dibawa pulang ke tanah air dan ditularkan kepada sahabat-sahabat mereka di tanah air. Jalinlah persahabatan global secara terus menerus dan undang mereka untuk berkunjung ke tanah air, karena ke depannya mungkin adik-adik mahasiswa tidak hanya tinggal di asrama, tapi juga akan tinggal di orang tua asuh dimana mereka akan mendapatkan pengalaman hidup di masyarakat yang sesungguhnya.

“Segera menyesuaikan dengan cuaca dan makanan ketika ada di negara tujuan. Jaga diri, jaga kesehatan dan jangan keluar malam hari khususnya untuk tempat-tempat yang belum anda kenal”, tutup Nizam.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dari Universitas Tadulako sebagai perwakilan perguruan tinggi asal, Amar, menyampaikan bahwa Program IISMA menjadi ajang untuk berbagi pengetahuan dan budaya bagi para mahasiswa ke komunitas internasional. Program ini menjadi salah satu bukti bahwa kualitas pendidikan tinggi Indonesia sudah mengalami banyak perubahan dan kemajuan.

Baca Juga :  SINERGI PERGURUAN TINGGI DAN INDUSTRI MELALUI KEDAIREKA

Agus Cik sebagai perwakilan orang tua mahasiswa Valiannisa Cik Berwani dari Universitas Diponegoro menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kemendikbudristek dan tim pelaksana IISMA.

“Program ini sangat bagus dan membantu anak-anak kami untuk mengembangkan diri dan mencari pengalaman di luar negara kami. Mudah-mudahan kesenangan ini disambut baik oleh anak kami agar dapat belajar dengan baik. Semoga mereka diberikan kesehatan dan keselamatan untuk menyelesaikan tugas negaranya dengan baik”, ucapnya.

Felisita, perwakilan mahasiswa yang akan ke University of Sussex dari Universitas Indonesia berpamitan dan mengucapkan terima kasih serta memohon doa restu pada semua pihak yang hadir dalam pelepasan untuk kelancaran perjalanan dan studi mereka di luar negeri.

“Kami sangat bersemangat dan tidak sabar untuk belajar ke luar negeri, tapi kami juga gugup karena akan meninggalkan rumah kami yang nyaman selama beberapa bulan. Kami berharap dapat mengambil banyak pelajaran dan pengalaman yang bermanfaat dapat kami bawa pulang untuk teman dan komunitas kami di Indonesia”.

Andi Rahadiyan Wijaya, wakil Ketua Program IISMA, menutup pelepasan dengan mengingatkan pada para mahasiswa bahwa mereka berangkat dengan menggunakan uang negara atau uang dari pajak sehingga mereka harus bijak dan selalu tertib administrasi.

“Tolong saling mengawasi apabila ada teman-teman yang mulai menjauhkan diri dan kesulitan bersosialisasi. Semoga semuanya berangkat dengan sehat fisik dan mental maupun pulang dengan kondisi yang sama”, pungkasnya.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
469 Views