Fasilkom UI Gelar COMPFEST Dukung Kemajuan Teknologi Digital Indonesia

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) untuk ke-12 kalinya menyelenggarakan COMPFEST, yakni sebuah agenda tahunan di bidang teknologi informasi (TI) yang dikelola langsung oleh mahasiswa. Hanya saja, kali ini COMPFEST digelar secara daring. Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Johnny G. Plate hadir menyampaikan pidato kuncinya dalam puncak acara COMPFEST 2020 pada Minggu (4/10). Pada kesempatan yang sama, turut hadir pula Pj. Dekan Fasilkom UI, Dr. Petrus Mursanto.

Menteri Johnny G. Plate memaparkan bahwa dalam rangka meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi oleh masyarakat, perlu keberanian dalam bermimpi yang besar demi menjadi bangsa digital yang maju. Menurutnya, “Saya ingin menekankan kembali visi Indonesia untuk menjadi bangsa digital yang maju yang harus berani memiliki mimpi yang besar. Mimpi-mimpi besar ini perlu direalisasikan melalui upaya edukasi dan peningkatan literasi serta capacity building masyarakat Indonesia, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi.”

Lebih lanjut, menurutnya, “Era disrupsi digital dalam menjadikan teknologi informatika dan telekomunikasi sebagai hal yang sangat signifikan tidak hanya pada kehidupan masyarakat tetapi juga dalam hal perkembangan ekonomi Negara.”

Selain Menteri Johnny G. Plate, hadir pula Sandiaga Uno sebagai keynote speaker. Founder of  Rumah Siap Kerja dan Ultimate U, ini menyampaikan pidato kuncinya pada talkshow COMPFEST 2020, Sabtu (3/10). Menurut Sandiaga, percepatan digitalisasi dan pemerataan kualitas digital Indonesia sangat penting, terutama di tengah kondisi pandemi sekarang ini. Bidang paling mengalami percepatan digitalisasi adalah pendidikan yang mengadakan proses pembelajaran jarak jauh. Sandiaga menambahkan, “Visi untuk pembelajaran jarak jauh berbasis IT harus menyesuaikan dengan pandemi ini, pembelajaran jarak jauh harus dibarengi dengan penyediaan akses internet dan media elektronik. Sekarang saatnya kita berinvestasi besar-besaran dalam melengkapi infrastruktur digital kita, broadband, sehingga tidak ada lagi ketidakadilan dalam sinyal, dalam paket kuota untuk anak-anak didik kita.”

COMPFEST 2020 mengusung tema “Empowering and Education Society through Technological Innovation, Creative Industry, and Professional Industry.” Ajang ini menjadi pembuktian konsistensi mahasiswa Fasilkom UI untuk berbagi ilmu di bidang teknologi informasi. Rangkaian acara terdiri dari kegiatan webinar, podcast, akademi, kompetisi, hingga gelaran job fair.

COMPFEST 2020 menghadirkan 50 pembicara serta pakar dalam bidang industri kreatif, blockchain, kecerdasan artifisial, startup, big data, dan lain sebagainya. Sejumlah pembicara yang membagikan wawasan baru bagi peserta, yaitu Rachmat Kaimuddin (CEO Bukalapak), Alfatih Timur (CEO Kitabisa), Pangeran Siahaan (CEO Asumsi), Dayu Dara Permata (CEO Pinhome).

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR
Kepala Biro Humas dan KIP UI
Media Contact: Egia Etha Tarigan, S.Sos, MM (media relations UI), humas-ui@ui.ac.id ; 08151500-0002)