Berdampak Positif, Mahasiswa Magang MSIB Diktiristek Diharapkan Bawa Praktik Baik ke Kampusnya

Jakarta, 1 Juli 2024 – Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Batch 6 tahun 2024 telah usai. Sebanyak 156 mahasiswa magang MSIB telah menyelesaikan program magang yang berlangsung dari bulan Februari hingga akhir Juni 2024. Program magang MSIB Diktiristek Batch 6 membekali mahasiswa dengan berbagai kompetensi melalui proyek nyata di berbagai posisi di Ditjen Diktiristek.

Pelaksana tugas Sekretaris Ditjen Diktiristek Tjitjik Srie Tjahjandarie menyampaikan apresiasi kepada seluruh mahasiswa magang MSIB atas kinerjanya selama magang. Menurutnya kinerja mahasiswa magang ini dapat menjadi komplemen dan suplemen terhadap kompetensi utama yang diperoleh selama magang.

“Tularkan praktik-praktik baik ini kepada teman-teman Anda semua dan seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia ini, bahwa dengan program ini Anda punya nilai tambah dan kompetensi tambahan,” ungkap Tjitjik pada acara penutupan program MSIB Diktiristek Batch 6 di Graha Dikti Kemendikbudristek, Senin (1/7).

Tjitjik menambahkan, “Saya berharap setelah keluar dan selesai lulus dari program magang Dikti ini Anda menjadi agent of change di lingkungan Anda masing-masing. Harapan kita di perguruan tinggi nanti akan ada agent of change dan dapat mendiseminasikan ini kepada pemangku kepentingan di perguruan tinggi agar program-program yang baik ini dapat berlanjut. Tidak hanya kemudian dilaksanakannya sebagai flagship yang ada di Dikti, kita ingin karena ini dampaknya sangat baik, maka ini harus terinternalisasi di dalam perguruan tinggi.”

Baca Juga :  Mengembangkan Kesejahteraan dan Kemajuan Bangsa melalui Pengabdian kepada Masyarakat

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Sumber Daya Lukman menyampaikan apresiasi terhadap proyek nyata yang dikerjakan mahasiswa MSIB di Direktorat Sumber Daya. “Modul yang dikerjakan oleh mahasiswa magang terkait Sister (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi), Sarpras (Sarana Prasarana) dan helpdesk sudah sangat luar biasa. Dari sistem yang sudah dihasilkan akan dilanjutkan oleh teman-teman development akan segera diproduksi dan bisa diimplementasikan di sistem yang kita buat,” kata Lukman.

Lukman menambahkan sistem yang dibuat oleh mahasiswa magang nantinya akan dimanfaatkan dengan baik dengan melakukan penyempurnaan lagi. “Dari sisi kami penerima manfaat disini menyampaikan bahwa pekerjaan mahasiswa magang di Direktorat Sumber Daya dapat diterima dengan baik, mudah-mudahan ini menjadi pengalaman yang baru, memberikan manfaat yang luar biasa buat orang lain, institusi sehingga dapat berperan dengan baik pula,” tambah Lukman.

Baca Juga :  Selandia Baru Sambut Mahasiswa Program IISMA 2023, Memperluas Kesempatan untuk Perkuat Kerja Sama Pendidikan Kedua Negara

Sementara itu Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat M. Faiz Syuaib mengatakan bahwa magang yang dilakukan peserta MSIB merupakan pekerjaan yang sebenarnya yang akan dilakukan oleh mahasiswa di dunia kerja nanti.

“Magang MSIB ini merupakan kesempatan dan pengalaman yang luar biasa. Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada teman-teman magang yang bekerja di tempat kami (Direktorat DRTPM) dan pesan saya semoga dari hasil magang ini kalian mendapatkan ilmu, dan dari ilmu itu nanti bermanfaat dan dapat berbagi di tempat kerja Anda nanti dan mudah-mudahan ini akan menjadi bagian penting untuk masa depan Anda.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : Satu Dikti
Tiktok : Ditjen Dikti

#KampusMerdekaIndonesiaJaya
#DiktiSigapMelayani

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
716 Views