Indonesia – Panama: perlu bangun kerjasama bidang pendidikan tinggi, riset dan teknologi. Kamis, 3 Mei 2017, YM Ret. Air Marshal Budhy Santoso SE, Duta Besar RI untuk negara-negara akreditasi Panama City, Nicaragua, Honduras dan Costa Rica melakukan kunjungan kehormatan kepada Menristekdikti Prof. Mohamad Nasir.

fb_img_1494039846295

Dalam pertemuan, disampaikan ketertarikan Menteri Pendidikan Panama City untuk membangun kerjasama di bidang riset, teknologi dan pendidikan tinggi (Ristekdikti). Selain itu, pengetahuan riset dan teknologi dalam bidang kemaritiman perlu untuk mendapatkan perhatian dari kedua Negara.

Menristekdikti Mohamad Nasir yang didampingi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Ali Ghufron Mukti, Dirjen Intan Ahmad, Dirjen Muhammad Dimyati, Staf Ahli Menteri Hari Purwanto, Nada Marsudi dan Suryo Boediono, mengatakan bahwa ‘Maritim’ juga merupakan salah satu dari prioritas/fokus riset dan teknologi yang dikenal dengan ‘7+1’ fokus riset area. Selain Maritim, Indonesia juga memprioritaskan pertanian dan pangan, energi, kesehatan dan obat-obatan, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi transportasi, teknologi pertahanan, serta material maju termasuk nanoteknologi.

fb_img_1494039860023

Selain itu, Kemristekdikti akan menyelenggarakan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 10 Agustus 2017 di Makassar dengan ‘highlight’ pengembangan teknologi maritim di Indonesia, oleh sebab itu Kemristekdikti akan mengundang Dubes RI untuk Panama City maupun Dubes Panama untuk RI.

Dubes RI Budhy Santoso SE menyambut baik rencana tersebut dan menyarankan sebaiknya perjanjian kerjasama antara Indonesia dan Panama dapat segera di bangun secara formal, sehingga kedepannya kedua Negara dapat mengimplementasikan program-program kerjasama ristekdikti yang menjadi minat bersama. Beliau juga menyampaikan bahwa negara-negara seperti Panama, Kostarika, Nicaragua dan Honduras sangat menghargai percepatan pembangunan negara-negara di Asia, termasuk Indonesia, dan menyatakan minatnya untuk menjalin kerjasama dengan kawasan Asia.

fb_img_1494039836336