JAKARTA – Duta Besar India, YM Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya, mengadakan kunjungan kehormatan kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof Mohamad Nasir yang didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Prof Ainun Na’im.

Dalam pertemuan Menristekdikti memberikan apresiasi kepada Pemerintah India, yang telah membina hubungan bilateral kedua negara dalam bidang Ilmu Pengetahuan (Iptek) dan Pendidikan, khususnya Pendidikan Tinggi (Dikti).

Kedua Negara telah mempunyai Nota Kesepahaman (MoU) sejak tahun 2011, dan akan diperbaharui sesuai dengam portfolio Kementerian Ristekdikti saat ini.

Bidang bidang kerjasama Iptek yang menjadi perhatian antara lain adalah (i) teknologi penerbangan dan antariksa, (ii) Teknologi Informasi dan Komunikasi, (iii) kesehatan dan obat-obatan, termasuk bioteknologi, disamping bidang kerjasama lainnya sesuai dengan MoU yang ditanda tangani pada tanggal 25 Januari 2011.

Pertemuan juga menyepakati rencana pembaharuan MoU dalam bidang a) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, b) Pendidikan Tinggi, serta tiga usulan nota kesepahaman yang terkait dengan teknologi penerbangan dan atau dirgantara, serta ruang angkasa.

YM Duta Besar Nengcha mengapresiasi komitmen Menristekdikti Mohamad Nasir untuk dapat menyelesaikan MoU tersebut, yang direncanakan akan ditanda-tangani pada pertengahan Desember 2016 dihadapan kedua Kepala Negara.

Selain membina hubungan bilateral dengan India, Kemenristekdikti juga aktif dalam kerjasama ASEAN India bidang Iptek, dibawah koordinasi Komite Iptek ASEAN (ASEAN Committee on Science and Technology – ASEAN COST).

Pertemuan yang sangat informatif ini, ditutup dengan pertukaran cindera mata dari kedua Negara. (NM)

 

Galeri