Indonesia Hydration Working Group (IHWG FKUI)  berhasil memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dengan nomor  rekor teregistrasi 7946.

IHWG FKUI mendapatkan penghargaan ini karena berhasil menyelenggarakan edukasi hidrasi sehat dengan jumlah lokasi dan peserta terbanyak.

Air memiliki fungsi yang penting dalam memelihara ginjal karena proses pembuangan sampah urin di dalam ginjal dapat berlangsung dengan aman dengan jumlah air yang cukup.

Namun, sayangnya kesadaran terhadap manfaat air putih ini bagi tubuh belum terlalu disadari oleh generasi penerus bangsa.

Penelitian The Indonesian Hydration Regional Study (THIRST) yang dilakukan terhadap 604 remaja dari 6 kota di Indonesia menunjukkan bahwa 49,5 persen remaja ternyata mengalami kurang cairan.

Dengan latar belakang inilah, maka IHWG FKUI menyelenggarakan edukasi gerakan hidup sehat Ayo Minum Air (AMIR) kepada siswa SD se-Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, pada Jumat (19/5/2017).

Sebanyak 27.000 siswa mengikuti kegiatan Edukasi AMIR secara serentak di 12 titik dari 105 SD di Lubuklinggau.

Edukasi AMIR menyangkut seberapa banyak asupan cairan yang masuk dalam tubuh berdasarkan kelompok usia, kapan dan apa yang sehat untuk diminum.

Edukasi ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kota Lubuklinggau dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan FKUI dalam memperingati Hari Ginjal Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Maret 2017.

Penulis: Wanda Ayu A.

Sumber: http://www.ui.ac.id/berita/fkui-pecahkan-rekor-muri-untuk-edukasi-hidrasi-terbanyak.html