Jakarta–Olimpiade Sains Nasional PERTAMINA (OSN PERTAMINA) 2015 diselenggarakan oleh PT. Pertamina berkerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa), Kemristekdikti. Bertempat di Gedung D, Kemristekdikti, Senayan, pada Rabu (16/09) dilaksanakan Video Conference (ViCon) OSN Pertamina 2015 antara Universitas Indonesia (UI), Ditjen Belmawa dan Perguruan Tinggi Mitra. ViCon secara resmi dibuka oleh Dirjen Belmawa Intan Ahmad. Turut hadir pula Manager CSR dan Asisstant Manager CSR PT. Pertamina, Dekan FMIPA UI, Abdul Haris, Ketua Pelaksana OSN Pertamina 2015 Dr. Yasman beserta staf dari UI.

ViCon digelar agar panitia yang berasal dari seluruh Indonesia dapat berkomunikasi dan berinteraksi dua arah secara bersamaan  dengan panitia pusat di Jakarta. ViCon ini mengulas berbagai pertanyaan, mengenai jumlah peserta maupun laporan kesiapan dan kendala dari setiap daerah dalam persiapan penyelenggaraan OSN Pertamina 2015.

OSN-PERTAMINA 2015 memperlombakan dua kategori, yaitu Kategori Teori dan Kategori Proyek Sains. Penyelenggaraannya terdiri atas tiga tahap, yakni pendaftaran peserta, seleksi tingkat provinsi berupa babak penyisihan yang akan dilakukan serentak di 43 Perguruan Tinggi Mitra yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia pada 15 Oktober 2015, dan seleksi tingkat nasional pada 21-26 November 2015. Pendaftaran dilakukan secara on-line melalui website www.pertamina.com/osn mulai tanggal 6 Agustus hingga 30 September 2015.

OSN-PERTAMINA 2015 terbuka bagi seluruh mahasiswa Diploma dan Sarjana yang bukan pemenang OSN-PERTAMINA pada tahun sebelumnya, atau mahasiswa yang pernah mengikuti olimpiade sains internasional. Pada penyelenggaraan OSN-PERTAMINA 2015, Kompetisi Proyek Sains diperluas tingkatnya menjadi kompetisi regional ASEAN dengan cara mengundang peserta-peserta mahasiswa dari perguruan-perguruan tinggi terbaik di ASEAN untuk ikut bersaing dan berprestasi. Kompetisi Kategori Teori tetap dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu tingkat nasional saja. Hal ini dikarenakan OSN PERTAMINA merupakan trademark Pertamina dalam memajukan dunia pendidikan tinggi di Indonesia.