SIARAN PERS

No. 10/SP/HM/BKKP/II/2017

Jakarta, 8 Februari 2017

 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi telah menginisasi program peningkatan kualitas kelembagaan Iptek dan Dikti melalui Program Pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI) untuk penguatan kapasitas dan kapabilitas lembaga litbang yang diarahkan dalam  menjawab tantangan ke depan. Program  PUI ini terus dikembangkan untuk mendorong lembaga litbang mampu menghasilkan produk iptek yang berbasis demand/market driven dalam rangka mendukung peningkatan daya saing sesuai potensi ekonomi daerah.

Dalam pembinaan PUI telah dikembangkan mekanisme pembinaan dengan fokus pada  penguatan Sourcing – Absorptive Capacity, penguatan R&D Capacity, dan  penguatan Disseminating Capacity. Melalui ketiga penguatan tersebut telah terjadi penguatan kapasitas dan kapabilitas lembaga litbang unggul baik dalam peningkatan kualitas manajemen litbang maupun indikator output.

Dari data capaian output 2016,  telah tercapai indicator PUI unggul diantaranya: 253 undangan menjadi pembicara dan pemakalah pada konferensi Internasional; 291 publikasi dalam jurnal nasional terakreditasi; 149 publikasi dalam jurnal Internasional; 33 lulusan S3 sesuai fokus riset unggulan; tercapainya 40 paten baik yang granted maupun terdaftar; 196 kerjasama riset pada tingkat nasional dan Internasional; terwujudnya 1.014 kerjasama non riset pada basis keunggulan lembaga; dan 128 kontrak bisnis dengan industri dalam rangka hilirisasi produk unggulan lembaga.

Dalam proses Seleksi PUI Tahun 2016, telah dihasilkan 23 lembaga litbang, 3 diantaranya langsung ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek dan 20 lembaga lainnya untuk dibina menjadi Pusat Unggulan Iptek. Sehingga jumlah keseluruhan PUI menjadi 68 PUI, yang terdiri dari 48 PUI Litbang dan 20 PUI Perguruan Tinggi (PUI PT).

Dari ke-68 PUI tersebut, terbagi menjadi 28 lembaga di Bidang Pangan dan Pertanian; 7 lembaga litbang di Bidang Kesehatan dan Obat; 9 lembaga di Bidang Material Maju; 5 lembaga di Bidang Energi; 10 lembaga di Bidang Maritim dan Perikanan; 5 lembaga di Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi; 1 lembaga di Bidang Pertahanan dan Keamanan; 3 lembaga di Bidang Mitigasi Bencana; 2 lembaga di Bidang Sosial, Budaya dan Humaniora; dan 2 lembaga di bidang Teknologi Manajemen Transportasi.

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Kemenristekdikti, Patdono Suwignjo mengatakan target pencapaian pembinaan PUI sudah tercapai. Namun dirinya berharap selanjutnya penelitian-penelitan yang dihasilkan oleh PUI dapat bermanfaat langsung bagi masyarakat luas melalui produksi dan pemasaran massal (hilirisasi).

“Publikasi dari penelitian itu hasil pencapaian yang luar biasa. Tapi bagi pemerintah itu untuk masyarakat tidak ada apa-apanya. Karena yang ingin mereka tahu dana yang dikeluarkan bagi penelitian itu manfaatnya apa. Maka salah satu program prioritas Kemenristekdikti itu adalah hilirisasi inovasi,” ujarnya saat membuka Rapat Kerja Pengembangan PUI, Rabu 8 Februari 2017 di Jakarta.

Patdono menjelaskan lebih lanjut, penelitian bisa diproduksi massal jika telah mencapai technology readiness level (TRL) 9. “Untuk bisa menghasilkan produk yang dipasarkan secara massal perjalanannya masih panjang, termasuk dari aspek kelembagaannya. Sebuah penelitian dari TRL 6 untuk bisa mencapai TRL 9 itu berbeda baik dari jangka waktu, dana, dan sumberdaya yang terlibat berbeda,” imbuhnya.

Di tahun 2017 akan dikembangkan serangkaian langkah strategis memperkuat asistensi teknis dan fasilitasi bagi lembaga PUI.  Upaya penguatan ini mencakup percepatan perolehan akreditasi pranata litbang dari KNAPPP (Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan), dukungan pembentukan PUI menuju Kawasan Sains dan Teknologi bagi beberapa lembaga PUI terpilih, fasilitasi penguatan sinergi antar lembaga PUI, fasilitasi penguatan jaringan dengan pihak industri, hingga dukungan peningkatan jaringan kerja sama dalam rangka hilirisasi produk unggulan skala internasional.

Informasi lebih lanjut :

Program Pengembangan Pusat Unggulan Iptek

Direktorat Lembaga Litbang – Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Website: http://pui.ristekdikti.go.id/

Email: pui.ristekdikti@gmail.com | pui@ristekdikti.go.id

Call Center PUI +62 8111 56 2656

Follow Us on Twitter: @puiristekdikti | #IndonesiaUnggulInovatif