Surabaya, 12 Maret 2017
Tim Sapuangin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya perkenalkan Sapuangin XI EVO 1, mobil hemat energi generasi 11 di halaman Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Minggu (12/3). Mobil andalan ITS ini siap berlaga di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2017 di Singapura.
Annas Fauzy, General Manajer Tim Sapuangin ITS, membeberkan beberapa penyempurnaan mobil dibanding generasi yang sebelumnya melalui proses riset yang panjang sejak November tahun lalu.
Dengan berbahan bakar diesel, mobil hemat energi kebanggaan ITS ini diklaim dapat menempuh hingga 330 km hanya dengan satu liter bahan bakar diesel. “Ini merupakan pencapaian besar, karena pada SEM Asia sebelumnya hanya sejauh 250 km per liter,” tutur Fauzy.
Selain itu, penyempurnaan juga dilakukan pada struktur rangka, sehingga bobotnya menjadi lebih ringan. Kendati lebih ringan, material yang digunakan untuk Sapuangin XI EVO 1 ini tetap aluminium.
Selain itu, kali ini tim juga berfokus pada mesin yang digunakan. “Mobil kali ini menggunakan Yanmar engine dengan Hydraulic system dan kemudi berbasis Acckemann,” terang pria asal Malang ini.
Mesin yang kali ini digunakan pun, lanjut Fauzy, telah dirancang dengan beberapa kali evaluasi sehingga mengurangi gesekan yang tidak efisien.
330f75bd-f228-4341-9f0b-22c91acd7bba
Tampil dengan warna hitam elegan, mobil berdimensi 2,7 meter x 1,4 meter x 1,2 meter ini pun diujicobakan langsung di hadapan para tamu undangan. Di antaranya Wakil Gubernur Jawa Timur Drs H Syaifullah Yusuf, Ketua Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITS Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, Ketua PP IKA ITS Dr Ir Dwi Soetjipto, serta Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD.
Seperti yang diketahui, Sapuangin XI EVO 1 ini akan berlaga pada ajang SEM Asia 2017 di Changi Exhibition Center, Singapura pada kategori Urban Concept kelas Internal Combustion pada 16-19 Maret nanti. (HUMAS ITS)