Forum Industri Pangan Untuk Mendukung Kemandirian Pangan Nasional

 “Dalam rangka kemandirian pangan, saat ini Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi membiayai program yang terkait dengan pangan yaitu dalam bidang pertanian seperti padi dan  jagung,  dalam bidang peternakan yaitu sapi dan ayam, serta teknologi-teknologi pendukung seperti teknologi plasma”, hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Inovasi Industri Santoso Yudo Warsono dalam acara Coffee Morning dengan mengangkat tema, “Kolaborasi Pemanfaatan Hasil Riset Dalam Rangka Mendukung Kemandirian Pangan Nasional”, pada hari Jumat 19/5 di ruang VIP gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta. Acara tersebut dihadiri juga oleh Direktur PT. KAR Karnadi Winaga, Direktur Riset  Inovasi Institute Pertanian Bogor (IPB) Iskandar Zulkarnaen Siregar, serta peneliti padi Hajrial Aswidinnoor.

Peningkatan nilai tambah pada produk-produk pertanian dan peternakan tentu harus didukung dengan riset yang kuat, baik riset dasar maupun riset-riset aplikatif/komersial yang sesuai dengan kebutuhan indutri dan masyarakat. Santoso juga menambahkan, terdapat dua skema dalam pendanaan program inovasi tersebut, yaitu Teaching Industri yang pendanaannya dikhususkan untuk Perguruan Tinggi dan Inovasi Industri dengan fokus utama pada industri-industri yang berkolaborasi memanfaatkan teknologi hasil temuan Perguruan Tinggi untuk di produksi secara masal.

Dari skema tersebut, proposal-proposal dalam bidang pangan mendominasi begitu juga dengan kegiatan yang didanai. Dalam pendanaan inovasi tersebut tujuannya adalah melihat outcome yang dihasilkan, bagaimana penelitian tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat, bukan hanya besar jumlah hasil penelitian saja. Saat ini jumlah pendanaan inovasi sangat besar namun outcome nya belum signifikan, maka dengan itu perlu adanya kolaborasi antara lembaga penelitian dan pengembangan, pelaku industri, pelaku riset dan pelaku kebijakan untuk mencapai outcome yang diinginkan.

Forum industri pangan yang akan diselenggrakan pada 24/5 di IPB atas kerjasama Kemenristekdikti dengan IPB diharapkan dapat memperkuat kemandirian pangan nasional melalui peningkatan kolaborasi berbagai pihak. Pada tahap awal forum ini akan mempertemukan para pihak terkait untuk membahas aspek people, process, information dan technology baik sebagai peserrta maupun narasumber. Selain itu untuk melihat kemajuan hasil riset dalam inovasi perguruan tinggi dan lemabag riset akan ditampilan dalam pameran inovasi bidang pangan dan kunjungan ke Seed Center di Leuwikopo Darmaga, Bogor dan PT. KAR di Rumpin, Bogor.

img-20170519-wa0026img-20170519-wa0031
 img-20170519-wa0039img-20170519-wa0041
DJPI-HKLI