Jakarta, 11 Juli 2013, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah XIV Papua akan segera hadir sebagai perpanjangan tangan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) dalam membina Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Papua dan Papua Barat.  Kopertis XIV Papua akan berkantor di Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Hal ini ditandai dengan Penandatanganan Berita Acara Pinjam Pakai dan Nota Kesepahaman Kopertis wilayah XIV Papua yang bertempat di lantai 18, Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (11/7). Penandatanganan dilakukan Dirjen Dikti Djoko Santoso mewakili Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Bupati Biak Numfor Yusuf Melianus Maryen mewakili Pemerintah daerah Biak Numfor.

Yusuf mengungkapkan rasa apresiasi yang mendalam dari masyarakat Biak pada khususnya, Papua dan Papua Barat pada umumnya atas akan didirikannya Kopertis XIV di Kabupaten Biak. Pemda Biak sangat mendukung pendirian Kopertis XIV Papua dengan menyediakan lahan bagi kantor Kopertis XIV.

“ Lokasi kantor Kopertis XIV hanya dua menit dari bandara”, ujar Yusuf.

Dirjen Dikti Djoko Santoso menyatakan bahwa pendirian Kopertis wilayah XIV di Papua merupakan salah satu upaya Kementerian dalam memperpendek rantai birokrasi. Selama ini, PTS di Provinsi Papua dan Papua Barat berada di bawah pembinaan Kopertis Wilayah XII Ambon.

“ Selain Kopertis XIV Papua, juga akan didirikan Kopertis Wilayah XIII Aceh”, pungkas Djoko.

Turut hadir dalam acara ini, Direktur kelembagaan dan Kerjasama Achmad Jazidie, Ketua DPRD Biak Numfor, Sekda Kabupaten Ketapang, Ketua DPRD Kabupaten ketapang dan tamu undangan lainnya.