JAKARTA - Tahun ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka dua buah program studi (prodi) baru, yakni Teknik Geofisika dan Manajemen Bisnis (MB). Bahkan, kedua prodi ini mendapat sambutan luar biasa dari para lulusan SMA. Hal ini terbukti dari jumlah pendaftar jalur Program Kemitraan dan Mandiri (PKM) ITS yang melebihi target.

Tahun ajaran 2012/2013, Prodi Manajemen Bisnis (MB) ITS menyediakan kuota 40 kursi, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 30 kursi. Hingga pendaftaran terakhir pada Rabu (18/7) jumlah pendaftar jalur PKM ITS tercatat 4.063 peserta. Dari 1.013 pemilih Jurusan Teknik Industri (TI), 353 di antaranya merupakan pendaftar Prodi MB. Terdata, 214 calon mahasiswa baru 2012 menempatkan Prodi MB sebagai pilihan pertamanya.

Hal serupa juga terjadi pada Prodi Teknik Geofisika yang baru dibuka tahun ini. Untuk jurusan ini ITS menyediakan 70 kursi. Salah satu dosen inisiator Prodi Teknik Geofisika Widya Utama menargetkan, penerimaan mahasiswa baru (maba) melalui jalur PKM hanya 30 siswa. Sementara sisanya diharapkan berasal dari mahasiswa Jurusan Teknik Geomatika. ”Mereka dipersilahkan untuk memilih di antara dua jurusan itu,” tutur Widya, seperti dilansir dari ITS Online, Kamis (19/7/2012).

Di luar dugaan, jumlah pemilih Prodi Teknik Geomatika ternyata juga melebihi target. Dari 351 pemilih prodi tersebut, 62 siswa menempatkan prodi Teknik Geomatika pada pilihan pertama.(mrg)

Sumber: Okezone