BANDUNG – Robot BlackPearl dan Humpback merupakan salah dua dari sekian robot karya tim ROOBICS Telkom University dan dipamerkan pada Bandung ICT Expo dan ANJA 2016 di Telkom University Convention Hall, 19 – 21 Oktober 2016. Kedua robot ini dapat saling membantu satu sama lain tanpa adanya komunikasi dari kedua robot tersebut.

Robot BlackPearl adalah robot Jenis Pengikut Garis (Line Follower) satu aktuator yang berfungsi untuk mengatur direksi dari robot tanpa adanya aktuator untuk penggarak maju.  BlackPearl bergerak dengan memanfaatkan dorongan angin dari HumpbackBlackPearl di lengkapi dengan layar untuk menampung dorongan angin sehingga dapat bergerak maju.

Robot Humpback adalah robot yang dilengkapi dengan pendorong berupa angin dengan tenaga yang cukup kuat. Robot Humpback bergerak dengan semi-automatic system control, yang bergerak dengan dikontrol maju atau mundur, robot dapat menyesuaikan diri dengan kondisi tembok atau halangan di sampingnya sehingga driver tidak perlu menyesuaikannya secara manual.   Selain itu, Robot Humpback juga dapat bergerak dengan mengikuti garis (Line Follower Mode).  Disamping Fitur mobilisasi dan pendorong, Humpback juga memiliki kemampuan untuk memanjat tiang dengan diameter tertentu.  Dengan bobot seberat kurang lebih 30 kg, Humpback masih mampu untuk memanjat tiang setinggi kurang lebih 3 meter dan memasang propeller pada tempat yang telah di sediakan.

Pengembangan BlackPearl dan Humpback berawal dari pembentukan tim “ROOBICS 2K16” yang beranggotakan 6 orang dari berbagai keahlian dan jurusan masing-masing.  Tim ROOBICS 2K16 Beranggotakan Hendriadi Mukri (S1 Teknik Telekomunikasi) sebagai Ketua TIM dan Mekanik, Eduardus Antoni S. (S1 Teknik Elektro) sebagai Mekanik, Robby Yanwar S. (S1 Teknik Elektro) sebagai Elektronika, Alyani Durrah F. (S1 Teknik ELektro) sebagai Elektronika, Andri Dwi Septian (S1 Sistem Komputer) sebagai Programmer, dan Khikmah Nur D.N. (S1 Teknik Elektro) sebagai Programmer.  Awal pembentukan tim ini diprakarsai oleh rencana keikutsertaan dalam Kontes Abu Robocon 2016 yang bertemakan “Clean Energy Recharging the World”.

Pada Kontes Abu Robocon 2016, Tiap tim peserta diharuskan untuk membuat 2 Robot (ECO dan Hybrid) yang dapat saling membantu untuk membawa Propeller dari Start Zone melewati beberapa rintangan untuk di pasang ke Tiang Propeller tersebut.  Kontes ini mempertemukan Tim-Tim dari Universitas-Universitas Se-ASEAN dan Sekitarnya untuk berkompetisi melawan waktu dan poin yang tersedia. Abu Robocon merupakan salah satu ajang bergengsi Se-ASEAN yang rutin di selenggarakan tiap tahunnya dengan tema yang berbeda-beda dan Kompetisi yang membawa perwakilan Negara masing-masing untuk saling berlomba menjadi yang terbaik.

Adapun Spesifikasi Lengkap dari Robot BlackPearl dan Humpback terbagi atas bagian mekanik, elektronika, dan kontrol.  Mekanik pada Robot BlackPearl menggunakan kerangka berbahan dasar Alumunium Ringan dengan Layar berbahan parasut dan Sistem pengereman yang memanfaatkan dorongan dari angin.  BlackPearl menggunakan 4 roda differential dengan menggunakan konsep 2 wheel steering sebagai maneuver pergerakannya dengan Servo AX-12 sebagai Aktuator Direksinya.  Dilengkapi dengan 10 sensor Line Follower untuk mendeteksi garis dan 2 Sensor Infrared untuk mendeteksi batas lintasan.  BlackPearl Menggunakan 1 Arduino Mega sebagai otak yang mengontrol semua sensor dan aktuator pada Robot dan menggunakan daya 12 volt yang di ambil dari beterai lippo.

Pada Robot Humpback menggunakan mekanika yang lebih kompleks dari BlackPearl.  Kerangka base Robot Humpback menggunakan bahan Alumunium ringan.  Dilengkapi dengan 4 MotorDC 24 volt untuk mobilisasi 4 roda Mecanum Wheel, 2 MotorDC 24 volt untuk sistem panjat, 1 MotorDC 12 volt untuk penjepit Tiang, 1 BLDC Untuk Pemutar EDF, 2 Servo Analog pada Penjepit Propeller, 12 sensor Line Follower untuk mendeteksi garis, Serta 3 Sensor Ultrasonic pada base EDF dan base Kiri dan Kanan Robot untuk membaca jarak tembok dan lintasan.  Humpback menggunakan wired controller yang di gunakan user atau driver untuk mengontrol pergerakan robot.  Humpback menggunakan 2 Arduino Mega sebagai Master dan Slave untuk mengontrol sensor dan aktuator pada robot dengan menggunakan daya 24 volt untuk mobilisasi dan mode panjat dan 12 volt untuk sensor dan Motor Penjepit Tiang yang diambil dari 2 Baterai Aki 12 volt dan 4 baterai Lippo 12 volt.  Pada Kontroller Robot menggunakan Sismin ATmega8 yang di hubungkan ke Master Robot Humpback menggunakan kabel RJ45.