Prodi Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar melaksanakan workshop penelusuran ide-ide tesis bagi mahasiswa S2 BK yang berlangsung di pare-pare Kampus V UNM pada tanggal 14-15 Mei 2016.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu melahirkan ide-ide sebagai rancangan penelitian tesis dan membantu menyusun rancangan draft tesis. ”Mahasiswa BK sebagai peserta ini sementara semester 3, diharapkan lebih awal memulai dan dibekali persiapan penelitian agar bisa menyusun proposalnya sama-sama dan wisuda sama-sama di awal semester 4,” ungkap Dr. Farida Aryani, M.Pd selaku ketua prodi S2 BK.

Prof. Dr. Suradi Tahmir, M.Si selaku Asdir I PPs UNM, menyampaikan dalam sambutannya bahwa pelaksanaan workshop pengembangan judul hanya di UNM, dan ini suatu best practice yang bagus ditiru, yang dimulai 2007 hingga kini, melalui workshop tersebut diharapkan mahasiswa BK yang hadir sebanyak 24 orang ini dapat selesai 4 semester.

“Kita harus mencapai cita-cita semangat kebersamaan itu penting, dan inilah yang juga dimiliki peserta dalam proses penyusunan tesis’, lanjut Suradi Tahir.

Peserta workshop telah memiliki draft proposal tesis, hal ini mulai dengan diberi tugas untuk membaca dan membaca referensi pustaka sehingga peran dosen hanya untuk membantu membimbing dan mengarahkan. ”Dosen berfungsi untuk membantu melahirkan ide saudara. Melahirkan ide harus ditekuni, Workshop ini harus perkuat idenya, sehingga melahirkan produk proposal tesis, ide satu hari dan proposal satu minggu kedepan dikerjakan, sehingga dua minggu kedepan bisa seminar proposal, sesuai peraturan akademik kita, disemester 3 sudah bisa seminar dengan ketentuan telah lulus jumlah 24 sks”, ungkap Suradi Tahmir.

Melalui workshop ini Suradi Tahmir selaku Asdir I dalam bidang akademik PPs UNM berpesan untuk saling membantu temannya, dimana yang telah seminar proposal dapat membantu yang belum proposal. “Ajak dan tanya apa kendalanya sehingga dapat bersamaan saling membantu untuk menyelesaikan proposal tesis hingga tesis selesai di susun. Kembangkanlah hari ini semua jenis penelitian lakukanlah untuk melahirkan tesis. Karena tidak boleh melahirkan tesis tanpa penelitian”, ujarnya.

Daud Yusuf selaku peserta mengungkapkan, ”saya sangat senang workshop ini dilakukan program studi BK karena melalui workshop ini ide tesis yang akan di kembangkan betul-betul sesuai need asessment dan memiliki manfaat keilmuan untuk BK”.

Kegiatan ini diikuti Mahasiswa S2 BK semester 3 sebanyak 25 orang, dengan Narasumber kegiatan adalah Prof. Dr. Suradi Tahmir, M.Si, Dr. Abdulah Saman, M.Si. Kons, Dr. Farida Aryani, M.Pd. Dr. Kulasse Kanto, M.Pd. Drs H Muhammad Anas, M.Si. setelah kegiatan selesai peserta akan melanjutkan hasil pendampingan Narasumber terhadap draf tesis yang telah dikoreksi berupa saran-saran perbaikan. (Ilham Bahtiar/UNM)