Jakarta – Sebanyak enam peserta terbaik yang memenangkan Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2016 telah terpilih. Keenamnya akan segera mewakili Indonesia dalam ajang tahunan Water Rocket Event (WRE) yang diselenggarakan oleh Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF)  di Manila, Filipina,  pada 12-13 November 2016 mendatang. Kompetisi roket air internasional ini nantinya akan diikuti oleh 18 negara se-Asia Pasifik.

Tampil sebagai juara pertama KRAN 2016 adalah Deshinta Putri Anggraeny, siswi SMP Batik Surakarta. Deshinta mengaku senang  dengan apa yang diraihnya tersebut, terlebih dengan pesaing  yang cukup banyak. Ia juga menambahkan bahwa usai kompetisi ini, akan meningkatkan persiapan agar lebih matang, sehingga dapat berkompetisi dengan lebih baik di ajang Asia Pasifik.

Seperti diketahui, sebanyak 98 peserta yang terdiri dari para pelajar dengan usia 12 sampai 16 tahun dari berbagai wilayah di Indonesia, sebelumnya telah mengikuti seleksi tingkat nasional pada KRAN 2016 di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong, Tangerang Selatan, pada 7-8 Oktober lalu. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP Iptek) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ini diarahkan untuk lebih membudayakan iptek di masa depan. Feti Anita, Kepala Sub Divisi Program PP Iptek Kemenristekdikti menuturkan, kompetisi ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat, kreativitas dan inovasi pelajar Indonesia, khususnya terhadap pengembangan teknologi kedirgantaraan.

Berikut, nama-nama pemenang KRAN 2016 yang akan mewakili Indonesia pada kompetisi roket air tingkat internasional di Filipina:
Juara I, Deshinta Putri Anggraeny, SMP Batik Surakarta;
Juara  II, Alfian Pebriansyah, SMK Negeri 4 Pontianak;
Juara  III, Jeremia Aprilianto Maldani, SMA Negeri 1 Sawahlunto Padang;
Harapan I, Shakira Kusuma Narda, SMP Global Mandiri Bogor;
Harapan II, Yuditha Chilva, SMP Negeri 1 Pontianak;
Harapan III, Bayu Dwi Tjahyono, SMP Negeri 5 Kebumen.

(PSP)