IMG-20150819-WA0013Debat Bahasa Inggris Mahasiswa Tingkat Nasional atau National University Debating Championship (NUDC) 2015 merupakan kompetisi yang pada tahun ini diselenggarakan di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat. Acara tahunan bergengsi ini dibuka secara resmi pada Rabu (19/08) oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Intan Ahmad.

NUDC ini tidak hanya menuntut kemampuan bahasa Inggris yang baik dari peserta tetapi juga kemampuan berargumentasi berdasarkan analisis yang logis dan faktual. NUDC 2015 diikuti sebanyak 336 mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta seluruh Indonesia. NUDC ini diawali seleksi yang dilakukan di tingkat perguruan tinggi selanjutnya akan mengikuti seleksi di tingkat wilayah yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah I s.d. XIV. Pada kompetisi tingkat wilayah menentukan 8 tim terbaik yang akan mengikuti NUDC yang diselenggarakan di Universitas Tanjungpura. Kompetisi ini akan berlangsung mulai tanggal 19 – 24 Agustus 2015.

Pemenang NUDC berkesempatan mewakili Indonesia di ajang serupa yang bertaraf internasional yakni World University Debate Championship yang pada tahun ini akan diselenggarakan di Thessaloniki, Yunani. Acara pembukaan NUDC ini juga dihadiri oleh Pimpinan Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Wakil Rektor dan Dekan Universitas Tanjungpura, perwakilan Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta , Koordinator dan Sekretaris Pelaksana Kopertis, dan tamu undangan lainnya.