SIARAN PERS

Meulaboh, 13 November 2016

Usai melaksanakan serangkaian kegiatan 2nd UTU Awards 2016, Universitas Teuku Umar menggelar Malam Anugerah UTU Awards yang bertempat di komplek UTU, Sabtu, 12 November 2016. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan tahunan UTU, dimana pada malam tersebut akan diberikan penghargaan kepada para nominator UTU Awards, Rektor CUP dan juga kepada para mahasiswa berprestasi tingkat universitas dan fakultas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Pengembangan dan Teknologi Industri, Dr. Hotmatua Daulay, Staf Ahli Gubernur Aceh, Ir. Helvizar Ibrahim,M.Si, Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA,   Wakil Rektor IV Universitas Syiah Kuala Dr. Nazamudin, SE, MA, Wakil Rektor IV Universitas Malikulsaleh Dr. Jullimursyida, SE, Ak, MM, Wakil Rektor II UTU, Dr. Ishak Hasan, M.Si, Wakil Rektor III T. Ahmad Yani, M.Hum, Dekan dan Kepala Biro di lingkungan Universitas Teuku Umar.

Rektor UTU, Prof. Jasman menyampaikan bahwa UTU Awards merupakan serangkaian kompetisi yang bertujuan untuk merangsang semangat jiwa berwirausaha sejak dini (entrepreneuship spirit) bagi mahasiswa. Adapun kompetisi tersebut terdiri dari 5 jenis kompetisi antara lain yaitu: 1) Perencanan Bisnis; 2) Desain Toko Online; 3) Karya Inovatif Berbasis Agro; 4) Riset Berbasis Entrepreneurship; dan 5) Catur Teuku Umar. Dengan adanya kompetisi ini, UTU tidak hanya menghasilkan lulusan yang cerdas tetapi juga memiliki daya saing yang tinggi, cerdas, inovatif, dan semangat entreprenership yang tinggi dalam diri sarjana yangdbersangkutan.

“UTU Awards yang kedua ini telah diikuti oleh mahasiswa dari pelbagai perguruan tinggi di Indonesia. Adapun jumlah  karya ilmiah yang masuk ke panitia mencapai 216 karya ilmiah. Berhubungan dengan itu, perguruan tinggi yang berpartisipasi pada kegiatan 2nd UTU Awards sebanyak 34 perguruan tinggi dari seluruhdIndonesia,”djelasdProf.dJasman.

“Sedangkan perguruan tinggi yang masuk dalam nominasi adalah 9 perguruan tinggi, meliputi: Institut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, dan Universitas Teuku Umar, masing-masing 3 tim mahasiswa. Sementara itu, Universitas Brawijaya, dan Universitas Malikulsaleh  masing-masing 2 tim mahasiswa. Selanjutnya Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Diponegoro, dan STAIN Teungku Dirundeng, masing-masing 1 tim mahasiswa,” ungkap Rektor UTU Prof. Jasman.

Sementara itu Direktur Pengembangan dan Teknologi Industri Kementerian Ristek Dikti, Dr. Hotmatua Daulay menyampaikan apresiasi kepada UTU yang sudah baru berumur jagung namun sudah mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan besar seperti itu. Dr. Hotmatua juga menyampaikan bahwa kampus UTU pada tahun 2030 yakin bisa menjadi kampus yang dikenal se-ASEAN, ia menyakini hal tersebut karena melihat seorang sosok Rektor UTU Prof. Jasman yang kreatif, inovatif dan tentunya dengan dukungan dari semua tim, maka UTU akan mampu menjadi kampus yang maju seperti kampus-kampus lainnya di ASEAN.

Dikatakannya juga bahwa Kementerian Ristekdikti sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti UTU Awards tersebut, karena menurutnya kegiatan tersebut dapat menciptakan inovasi-inovasi baru dan ini sejalan tujuan dari Kementerian Ristekdikti. Ia berharap para nominator UTU Awards terus mengasah kemampuan dan menyempurnakan inovasinya agar nanti setelah lulus inovasi tersebut bisa dikembangkan dan akan menjadi sebuah perusahaan yang memproduksi inovasi itu.

“Di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sudah menyiapkan dana insentif yang besar untuk pengembangan inovasi-inovasi tersebut,” tambah Dr. Hotmatua Daulay seraya menyemangati para mahasiswa untuk menciptakan inovasi baru.

Universitas Brawijaya jatuh sebagai juara umum 2nd UTU Awards 2016 dan berhak membawa pulang piala bergilir Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Bidang Produk Inovatif berbasis agro dan marine industry, juara I diraih oleh mahasiswa Universitas Brawijaya, juara II diraih oleh Universitas Syiah Kuala, Juara III diraih oleh Universitas Islam Indonesia, Harapan I diraih oleh Universitas Sumatera Utara, serta harapan II Universitas Syiah Kuala.

Bidang Riset Unggulan Berbasis Entrepreneurship, juara I diraih oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Juara II diraih oleh Institut Pertanian Bogor, Juara III diraih oleh Universitas Teuku Umar, harapan I diraih oleh Institut Pertanian Bogor serta harapan II diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta.

Bidang Toko Online, Juara I diraih oleh mahasiswa STAIN Teungku Dirundeng, Juara II diraih oleh Institut Pertanian Bogor, Juara III diraih oleh Universitas Malikulsaleh, Harapan I Universitas Malikulsaleh serta harapan II diraih oleh Universitas Teuku Umar.

Bidang perencanaan bisnis, juara I diraih oleh mahasiswa Universitas Brawijaya, Juara II diraih oleh Universitas Diponegoro, Juara III diraih oleh Universitas Syiah Kuala, Harapan I diraih oleh Universitas Sumatera Utara, serta harapan II diraih oleh Universitas Teuku Umar. Untuk bidang Catur Teuku Umar, Juara I, II, III dan Harapan I dan II diraih oleh mahasiswa Universitas Teuku Umar.